Kamis 17 Aug 2023 21:34 WIB

Fakta Kucing Hitam yang Belum Banyak Diketahui Orang, Benarkah Pertanda Sial?

Ada berbagai macam takhayul yang melekat pada kucing hitam.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Kucing hitam (ilustrasi). Ada berbagai fakta menarik mengenai kucing hitam yang mungkin belum banyak orang memgetahuinya.
Foto: Courtesy of Massport via AP
Kucing hitam (ilustrasi). Ada berbagai fakta menarik mengenai kucing hitam yang mungkin belum banyak orang memgetahuinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Kucing hitam memiliki penampilan yang luar biasa. Namun ada berbagai macam takhayul yang melekat pada kucing hitam. 

Kucing hitam terkadang dianggap sebagai penjelmaan setan dan di lain waktu sebagai pertanda kesialan. Seekor kucing hitam yang melintasi jalan masih dianggap sebagai pertanda sial. 

Baca Juga

Namun, beberapa peradaban juga menganggap kucing hitam sebagai pembawa keberuntungan. Ada banyak alasan untuk mengapresiasi kecantikan kucing hitam mereka karena mereka cukup menggemaskan dan menyenangkan. Kucing hitam juga bisa menjadi sahabat yang baik dan sangat dekat dengan pemiliknya. 

"Setiap tanggal 17 Agustus, kami merayakan Hari Penghargaan Kucing Hitam Nasional, yang didedikasikan untuk teman-teman kucing misterius ini. Terlepas dari penampilannya yang menakjubkan, kucing hitam telah menghadapi mitos dan kesalahpahaman sepanjang sejarah. Mari jelajahi fakta menarik tentang mereka untuk menemukan kebenarannya," kata pendiri dan CEO Petkonnect di India, Devanshi Shah, seperti dilansir laman Hindustan Times, Kamis (17/8/2023).

Shah berbagi fakta menarik tentang kucing hitam. Apa saja itu? Simak penjelasannya: 

1. Simbol sejarah

Budaya yang berbeda telah menggunakan kucing hitam sebagai simbol keberuntungan dan kesialan. Saat Abad Pertengahan mengasosiasikannya dengan takhayul, orang Mesir Kuno memujanya sebagai bentuk perlindungan. 

2. Warna tersembunyi

Terlepas dari bulunya yang serba hitam, kucing ini bisa memiliki pola tersembunyi yang menarik. Sedikit warna cokelat tua atau karat mungkin terlihat dalam cahaya terang. Mereka menjadi lebih memikat karena fenomena "garis-garis hantu".

3. Varietas keturunan

Hitam lebih dari sekadar warna, itu juga merupakan pola yang diperlihatkan oleh banyak ras kucing. Kucing hitam datang dalam berbagai ukuran dan bentuk. Setiap spesies membawa kualitas unik.

4. Nasib baik di seluruh dunia

Berlawanan dengan kepercayaan populer, beberapa budaya memandang kucing hitam sebagai simbol keberuntungan. Mereka mewakili kemakmuran dan keberuntungan dalam cerita rakyat Jepang. Terlepas dari kepercayaan individu, kucing ini dicintai di seluruh dunia.

5. Keajaiban genetik

Warna bulu hitam disebabkan oleh sifat genetik yang disebut melanisme. Sifat ini menciptakan kegelapan yang pekat pada bulu mereka. Menariknya, kucing hitam bisa memiliki beragam warna mata, menambah teka-teki mereka.

6. Kepribadian yang menyenangkan

Kucing hitam terkenal penyayang dan suka bermain. Mereka menjadi teman yang luar biasa. Mereka melekat erat pada pemiliknya dan menikmati bermain interaktif.

7. Bintang di layar

Kucing hitam telah meninggalkan jejak kaki mereka di layar lebar dan budaya pop. Ingat karakter Salem dari Sabrina the Teenage Witch atau Thackery Binx dari Hocus Pocus? Karakter-karakter ini telah memikat penonton dengan peran mereka yang mengesankan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement