Rabu 09 Aug 2023 15:22 WIB

Mau Kucing Panjang Umur? Pemilik Kucing Bisa Lakukan 5 Hal Ini

Selain memperhatikan makanan dan kebersihan, jangan lupa bermain dengan kucing.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Kucing peliharaan. Setidaknya ada 5 hal yang bisa diupayakan pemilik kucing agar peliharaannya bisa berumur panjang.
Foto: Republika/Qommarria Rostanti
Kucing peliharaan. Setidaknya ada 5 hal yang bisa diupayakan pemilik kucing agar peliharaannya bisa berumur panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap pemilik kucing ingin melakukan semua yang mereka bisa untuk menjaga agar peliharaannya tetap aman dan sehat. Pakar kucing, Jackson Galaxy, membagikan lima hal yang dapat dilakukan pemilik kucing untuk memperpanjang umur kucing melalui akun TikTok-nya @jacksongalaxy.

Pertama, nutrisi yang tepat. Galaxy mengatakan singkirkan makanan kering bermutu rendah. Lakukan diet mentah atau basah.

Baca Juga

“Kucing Anda adalah karnivora obligat, mereka membutuhkan daging dan hanya itu,” ujar Galaxy melalui akun Tiktoknya seperti dikutip dari laman Pet Helpful, Rabu (9/8/2023).

Kedua, pastikan kamu memeriksa kucing anda dengan dokter hewan Anda. Galaxy mengungkapkan pemilik kucing harus pergi setidaknya setahun sekali karena kesehatan mereka dapat berubah dengan sangat cepat.

Ketiga, berbicara dengan dokter hewan untuk pemeriksaan gigi, setidaknya setiap satu setengah tahun. “Kita tidak tahu seberapa umum kehilangan gigi, pembusukan, radang gusi pada kucing. Ini menyakitkan, kecuali kita menemukannya lebih awal, itu bisa menyebar ke seluruh mulut mereka," kata dia.

Keempat, jangan lupa bermain dengan kucing. Galaxy mengungkapkan, ini bukan hanya tentang ikatan dengan mereka, tetapi ini juga tentang olahraga.

Kelima, cat proof rumah. Galaxy menyebutkan kucing seperti balita yang bisa mencapai langit-langit.

“Jadi, apa pun yang akan Anda lakukan untuk balita, lakukan juga untuk kucing,” ujarnya.

Pemilik kucing @christykaples berkomentar, "Masalahnya adalah kedua kucing saya tidak mau makan makanan kucing basah. Saya akan mencoba banyak dan mereka tidak mau menyentuhnya".

Itu bisa sangat membuat frustrasi. Untungnya, ada sesuatu yang bisa dicoba.

Daripada tiba-tiba menawarkan makanan basah alih-alih makanan kering, cobalah transisi yang sangat bertahap. Pada hari pertama, campurkan sedikit makanan basah ke dalam makanan kering, pastikan untuk tidak menambahkan makanan kering sebanyak biasanya agar tidak memberi makan berlebihan pada kucing.

Setiap hari, rasio makanan basah dan kering harus meningkat sedikit. Kamu selalu bisa menunggu beberapa hari sebelum setiap langkah transisi untuk pemilih makanan, tetapi dalam hitungan pekan, kucing bisa makan makanan berkualitas lebih tinggi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement