Rabu 16 Aug 2023 13:39 WIB

59 Persen Generasi Alpha Sebut Gunakan Gim untuk Atasi Cemas 

Generasi alpha percaya bermain gim membuat mereka lebih terhubung dengan teman.

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Gita Amanda
Hasil penelitian mengungkapkan 59 persen dari generasi alpha mengakui bermain gim memberikan kenyamanan saat mereka merasa cemas, (ilustrasi).
Foto: Flickr
Hasil penelitian mengungkapkan 59 persen dari generasi alpha mengakui bermain gim memberikan kenyamanan saat mereka merasa cemas, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Hasil penelitian Wawasan Digital Terkini bagi Generasi Muda dari TotallyAwesome mengungkapkan 59 persen dari generasi alpha mengakui bermain gim memberikan kenyamanan saat mereka merasa cemas atau stres. Temuan serupa juga terjadi pada anak generasi Z dengan jumlah 47 persen.

Hal ini berbanding dengan opsi berbicara dengan anggota keluarga yang jumlahnya masing-masing 26 persen dan 14 persen. Kemudian berbincang dengan teman masing-masing 25 persen dan 22 persen.

Baca Juga

Executive Chairman TotallyAwesome, Will Anstee, mengatakan temuan penelitian ini mengungkapkan bagaimana gim telah menjadi suatu aktivitas yang tidak memandang gender terutama pada generasi alpha. Di antara anak perempuan, 46 persen bermain gim untuk meredakan kecemasan. "Dan 54 persen merasa sangat dekat dengan teman laki-laki," kata Will dalam pesan tertulis yang secara resmi diterima Republika, Rabu (16/8/2023). 

Di samping itu, terdapat data yang menyebutkan, sebanyak 52 persen dari gen alpha dan 48 persen dari generasi z di Asia Pasifik percaya bermain gim termasuk salah satu cara untuk merasa lebih terhubung dengan teman dan keluarga. Hal ini memiliki signifikansi yang penting bagi para orang tua, yang memiliki daya beli terkait dengan kelompok demografi tersebut.

Walaupun memiliki akses yang beragam ke berbagai platform media, generasi muda di wilayah Asia Pasifik semakin cenderung memilih gim sebagai sarana utama dalam membangun hubungan sosial. Namun perkembangan komersial dalam industri gim juga terlihat di platform streaming. Situasi itu menunjukkan peningkatan dalam keterlibatan generasi muda yang mencari konten di seluruh ekosistem gim.

Hasil penelitian juga menunjukkan para pemain utama masih mendominasi. Lebih tepatnya, sekitar 88 persen dari generasi alpha dan 85 persen dari generasi z di Indonesia mengungkapkan bahwa mereka lebih sering menggunakan YouTube sebagai saluran streaming. Sementara itu, Twitch hanya digunakan oleh tujuh persen dan tiga persen dari mereka.

Menurut Will, Wawasan Digital bagi Remaja telah menggambarkan dampak signifikan industri permainan pada generasi z dan generasi alpha. Dalam konteks pembangunan ikatan sosial dan ekspresi individu, generasi muda semakin menganggap permainan sebagai lingkungan utama bagi interaksi sosial mereka. "Permainan tidak hanya diartikan sebagai hiburan semata, melainkan telah menjadi bentuk baru dari interaksi sosial bagi mereka," katanya.

Hasil penelitian menyeluruh pihaknya menunjukkan, saat ini para orang tua lebih terampil dalam hal digital dibandingkan sebelumnya. Kemudian juga semakin prihatin dengan isu seperti perundungan daring. Sebab itu, mereka lebih fokus pada kebutuhan lingkungan daring yang aman untuk memfasilitasi pengalaman bermain yang positif. 

Menurut Will, sejumlah perusahaan perlu bersikap berani dan mengambil langkah ke dalam dunia gim dengan memperhatikan berbagai masalah. Kemudian juga harus melihat kepentingan yang dimiliki oleh generasi muda. 

TotallyAwesome merupakan sebuah platform pemasaran dan media terkemuka di Asia Pasifik yang fokus pada segmen anak muda dari generasi z, generasi alpha, dan keluarga. Platform ini telah meluncurkan hasil dari penelitian tahunan Wawasan Digital. Penelitian ini mengedepankan isu dampak permainan gim terhadap kesejahteraan mental, serta bagaimana Generasi Z dan Generasi Alpha terlibat dalam komunitas mereka. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement