Jumat 11 Aug 2023 00:24 WIB

Jangan Pernah Cabut Bulu Hidung yang Menjulur, Risikonya Nggak Main-Main

Ada cara lain untuk mengatasi bulu hidung yang terlalu panjang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Bulu hidung yang mengganggu sebaiknya digunting, bukan dicabut.
Foto: www.freepik.com.
Bulu hidung yang mengganggu sebaiknya digunting, bukan dicabut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tidak semua area rambut di tubuh bisa dihilangkan dengan dicabut atau di-waxing. Salah satunya area yang tidak boleh adalah di hidung. Dokter memperingatkan metode penghilangan bulu itu dapat menyebabkan bulu tumbuh menyakitkan, kemerahan, dan iritasi.

Mencabut bulu mencegahnya melakukan peran untuk menjebak serbuk sari, debu, dan iritasi lain yang dihirup. Dokter spesialis telinga hidung tenggorok (THT) Nicole Aaronson tidak merekomendasikan metode penghilangan bulu di hidung.

Baca Juga

Menurut dr Aaronson, waxing menembus penghalang kulit dengan menciptakan celah bagi bakteri untuk masuk ke jaringan yang lebih dalam, sehingga menciptakan peluang infeksi.

"Bulu yang tumbuh ke dalam terjadi setelah bulu dicabut ketika bulu baru yang beregenerasi dari folikel tidak dapat menembus kulit. Karena waxing mencabut bulu hingga ke akarnya, bulu harus menemukan jalan keluarnya lagi melalui lapisan luar kulit," kata dr Aaronson, dilansir The Sun, Kamis (10/8/2023).

Infeksi yang muncul bisa berupa vestibulitis hidung ketika bagian dalam hidung terkena infeksi staph yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Gejalanya meliputi kemerahan di dalam atau di luar lubang hidung, benjolan seperti jerawat di pangkal bulu hidung, kerak di sekitar lubang hidung dan nyeri, serta benjolan atau bisul di hidung.

Infeksi lain furnkulosis memengaruhi bagian yang lebih dalam dari folikel rambut di hidung. Biasanya, itu menyebabkan rasa sakit, bengkak, kemerahan, dan nyeri tekan. Dalam kasus yang jarang terjadi, itu dapat menyebabkan trombosis sinus kavernosa, yaitu pembentukan bekuan darah di bagian otak belakang mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement