Selasa 08 Aug 2023 00:03 WIB

Benarkah Batman tak Pernah Bunuh Penjahat? 10 Adegan Film Ini Justru Buktikan Sebaliknya

Batman pernah bersumpah tak akan membunuh orang seberapa pun kejamnya yang dihadapi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Batman. Batman dikenal sebagai superhero yang tak pernah membunuh. Namun bisakah dia menepati janjinya?
Foto: warner bros
Batman. Batman dikenal sebagai superhero yang tak pernah membunuh. Namun bisakah dia menepati janjinya?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Batman dikenal sebagai pahlawan super yang sangat menjunjung tinggi moralitas. Dalam komik, Batman bahkan bersumpah tak akan pernah membunuh orang lain, seberapa pun kejamnya kejahatan yang dia hadapi.

Namun dalam sejumlah adaptasi film dan serial televisi, karakter Batman ternyata pernah merenggut nyawa orang lain. Berikut ini adalah 10 peristiwa yang menampilkan karakter Batman sebagai sosok pembunuh, seperti dilansir MovieWeb pada Senin (7/8/2023):

Baca Juga

1. Batman (1989): Joker

Dalam film Batman (1989), diceritakan bahwa Jack Napier membunuh kedua orang tua Bruce Wayne atau Batman. Napier lalu berubah menjadi Joker dan perseteruan di antara Joker serta Wayne menjadi sangat personal.

Setelah Joker meracuni hampir semua orang di Gotham, Batman berhadapan dengan Joker di atas katedral. Joker yang berusaha kabur memanggil sebuah helikopter. Namun sebelum Joker pergi, Batman melepaskan tembakan dan kait ke kaki Joker. Kondisi tersebut menyebabkan Joker jatuh dan tewas.

2. Batman (1989): Joker's Gang

Dalam sebuah adegan, Batman tampak sedang mengontrol Batmobile dari jarak jauh untuk menerobos masuk ke gedung Axis Chemical. Di gedung tersebut, terdapat senyawa kimia mematikan bernama Symlex yang dapat membuat orang mati karena tertawa bila terpapar. Untuk mencegah Joker mencemari produk kebersihan di Gotham dengan Symlex, Batman memutuskan untuk menghancurkan gedung Axis Chemical dan menewaskan Joker's Gang atau kawanan penjahat yang diketuai Joker.

3. Batman Returns (1993): Fire Eater

Film Batman Returns dibuka dengan adegan penjahat Penguin yang sedang memeras elit koruptor di Gotham bersama kawanan Red Triangle. Dalam prosesnya, mereka juga mengacaukan kota Gotham dan Batman harus berhadapan dengan Fire Eater.

Batman berusaha untuk melawan Fire Eater dengan cara membakarnya hidup-hidup dengan Batmobile. Meski setelahnya turun salju, besar kemungkinan Fire Eater tidak dapat menyelamatkan diri dari serangan tersebut.

4. Batman Returns (1993): Tattooed Strongman

Saat berusaha menghentikan Catwoman dan Penguin, Batman dihadang oleh seorang anggota Red Triangle bernama Tattooed Strongman. Saat bertarung, Batman menyelipkan bom waktu pada ikat pinggang Tattooed Strongman yang kemudian meledakkan penjahat tersebut.

5. Batman Forever (1995): Two Face

Film ini memperkenalkan kawan baik Batman, Robin the Boy Wonder. Robin merupakan Dick Grayson yang diadopsi oleh Wayne dari Flying Graysons setelah orang tua Grayson mati di tangan Two-Face. Balas dendam Robin terbayarkan melalui aksi Batman yang mengeksploitasi obsesi Two Face hingga membuatnya jatuh dan tewas.

6. Batman Begins (2005): Ra's al Ghul

Ra's al Ghul merupakan sosok yang mengajarkan Batman untuk bisa beraksi di bawah bayangan. Sayangnya, dia menganggap kota Gotham tak bisa diselamatkan sehingga harus "dibersihkan" agar dapat dikontrol kembali.

Batman berusaha menghentikan upaya Ra's al Ghul yang ingin meracuni pasokan air kota Gotham. Alih-alih membunuh Ra's al Ghul, Batman memilih untuk tidak menyelamatkan supervillain tersebut saat kereta yang mereka naiki jatuh dan meledak.

7. Batman Begins (2005): The League of Shadows

Perjalanan Wayne menjadi Batman dimulai dari perjalanannya di dunia bawah kota. Di sana, Wayne didekati oleh Ra's al Ghul yang mengajari Bruce cara mengubah ketakutannya menjadi sumber kekuatan untuk melawan musuh.

Hanya saja, keduanya memiliki perbedaan pendapat mengenai arti keadilan. Wayne juga menentang aksi League of Shadows yang kerap memburu dan membunuh kriminal. Saat berusaha kabur, Wayne membakar kuil mereka dan menyebabkan anggota League of Shadows kehilangan nyawa mereka.

8. The Dark Knight (2008): Two-Face

Dalam film ini, tak ada satu pun warga hingga politisi yang mampu menegakkan keadilan karena korupsi telah menguasai kota Gotham. Meski begitu, Batman masih meyakini bahwa orang-orang di kota Gotham perlu diselamatkan. Saat beraksi, Batman sebenarnya tidak membunuh Two Face secara sengaja. Dalam sebuah adegan, Batman melakukan pembelaan diri yang menyebabkan Two Face jatuh dan tewas.

9. Batman v Superman: Dawn of Justice (2016): pembunuhan dengan Batmobile

Di film ini, Batman tak hanya menewaskan satu orang tetapi beberapa orang sekaligus dengan Batmobile. Batman tampak melempar Batmobile ke atas seorang musuh, lalu mengambil mobil lain dan menabrakkannya ke antek-antek musuh.

10. Batman v. Superman: Dawn of Justice (2016): Warehouse Thugs

Film ini juga menggambarkan sosok Batman sebagai pemburu tanpa ampun. Batman mampu membaca rencana musuh dan mau melakukan apa pun untuk menghentikan langkah musuh.

Beberapa aksi kejam yang dilakukan Batman dalam film ini adalah mematahkan tulang antek-antek musuh, melempar peti ke arah mereka, hingga membenturkan kepala musuh ke dinding. Batman juga melayangkan sejumlah tembakan yang menyalakan flamethrower hingga membuat para musuh terbakar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement