Senin 07 Aug 2023 15:00 WIB

Calon Ibu Alami Perubahan Fisik dan Psikis, Lingkungan Sekitar Perlu Beri Dukungan

Perubahan psikis yang dapat terjadi pada ibu hamil salah satunya ialah kecemasan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan berat badan ibu hamil (Ilustrasi). Calon ibu dapat mengalami perubahan fisik dan psikis sepanjang sembilan bulan mengandung dan setelah melahirkan.
Foto:

Dukungan utama harus diberikan oleh pasangan atau suami. Pasangan ini erat kaitan dan perannya untuk bisa membuat beban itu menjadi lebih ringan.

"Suami bisa membantu. Pria sekarang punya kesadaran lebih tinggi untuk ikut terlibat dalam proses kehamilan. Yang hamil bukan hanya istrinya saja, suaminya juga ikut. Mau makan apa, terkadang disuapi, beli bantal khusus dan selimutnya," ujar Kasandra.

Menurut Kasandra, pria sekarang jauh lebih mau ikut campur dalam kehamilan. Selain suami, dukungan juga perlu diberikan oleh ibu kandung dan mertua. Dukungan lain juga harus diberikan oleh netizen.

"Sering kali masyarakat dan netizen justru yang menambah berat kehidupan ibu muda, beban itu bertambah, terutama adalah kecemasan," ujarnya.

Kasandra mengatakan ketika memiliki kecemasan, ini akan semakin memengaruhi kondisi psikologis para ibu yang sedang mengandung dan baru melahirkan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement