Senin 07 Aug 2023 14:12 WIB

Sering Dilakukan, Ini Kesalahan Turis Saat Menginap di Hotel

Banyak pelancong melakukan kesalahan saat memesan hotel.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penulis perjalanan Brian Cicioni yang berpengalaman bepergian selama 23 tahun terakhir menyayangkan masih banyak pelancong melakukan kesalahan saat memesan hotel./ilustrasi
Foto: Pxfuel
Penulis perjalanan Brian Cicioni yang berpengalaman bepergian selama 23 tahun terakhir menyayangkan masih banyak pelancong melakukan kesalahan saat memesan hotel./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memilih hotel atau penginapan dalam beragam bentuknya cukup krusial saat berwisata, mengingat di sanalah pelancong beristirahat di sela aktivitas liburan. Tempat yang nyaman serta harga terjangkau tentunya menjadi kelebihan yang amat dicari.

Penulis perjalanan Brian Cicioni yang berpengalaman bepergian selama 23 tahun terakhir menyayangkan masih banyak pelancong melakukan kesalahan saat memesan hotel. Pria yang pada 2022 menghabiskan 102 malam menginap di kamar hotel atau kapal pesiar itu menyebutkan sejumlah kesalahan berikut, dikutip dari laman Insider, Senin (7/8/2023). 

Baca Juga

- Memilih hotel yang terlalu mahal 

Memang kenyamanan adalah aspek nomor satu, yang banyak dicari pelancong meski harus membayar kamar hotel dengan biaya mahal. Namun, menurut Cicioni, sebenarnya tak perlu memilih hotel yang harganya selangit. Apalagi, jika pelancong lebih banyak menghabiskan waktu di luar kamar untuk pergi ke tempat wisata. Cicioni menyarankan meluangkan waktu untuk sedikit melakukan riset harga hotel di destinasi tujuan dan menyesuaikan dengan aktivitas liburan. Pria yang sudah menjadi pemandu wisata di New York City sejak 2017 itu berkata ada banyak hotel yang harganya terjangkau namun akses dan fasilitasnya sudah mumpuni. 

 

- Terlalu jauh dari lokasi tujuan 

Pikirkan jarak antara hotel dengan destinasi wisata yang akan dituju sepanjang liburan. Apabila terlalu jauh, pastinya akan membuat waktu banyak terbuang percuma, belum lagi biaya transportasi bisa membengkak. Cicioni menyarankan lokasi hotel ke tempat wisata terjauh yang akan dikunjungi tidak sampai menempuh waktu satu jam perjalanan. 

 

- Tidak mengecek program promosi 

Sebelum memesan kamar hotel, cek dulu program promosi yang mungkin sedang berlaku. Terkadang, ada hotel yang sedang menggagas giveaway sehingga ada peluang bagi pelancong menginap d kamar nyaman tanpa dikenakan biaya apa pun. Poin hadiah dari program tertentu juga bisa dikumpulkan untuk perjalanan berikutnya. 

 

- Membawa barang yang bisa dipinjam di hotel  

Ada sejumlah barang yang sebenarnya bisa dipinjam di hotel secara gratis. Cicioni menyarankan untuk mencari tahu ketersediaan barang tertentu, sehingga tidak perlu membawanya dari rumah. Sebagai contoh, Cicioni suka olahraga, sehingga dia mencari hotel yang menyediakan sepeda dan matras yoga untuk dipinjam secara gratis.

 

- Tidak menghubungi hotel sebelum pesan kamar 

Selalu periksa situs web hotel sebelum melakukan pesanan, dan tidak ada salahnya menghubungi resepsionis secara langsung. Itu karena fasilitas tertentu mungkin tidak dicantumkan dalam keterangan daring. Misalnya, soal ketersediaan speaker Bluetooth portabel di kamar hotel. 

 

- Membayar fasilitas yang tidak perlu 

Kesalahan umum lainnya adalah membayar fasilitas kamar yang tidak perlu dan cenderung terlalu mahal. Bukan rahasia bahwa beberapa hotel membebankan biaya premium untuk barang-barang yang biasanya dibutuhkan tamu atau kemungkinan besar lupa dibawa dari rumah. Sebut saja tabir surya, makanan ringan, atau air kemasan tambahan. Menurut Cicioni, membelinya di hotel bisa membuat biaya perjalanan menjadi membengkak. Lebih baik membawa minuman dan makanan ringan sendiri, atau beli saja di minimarket sudut jalan dekat hotel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement