Rabu 02 Aug 2023 23:14 WIB

Kurang Gizi di Masa Kecil, Mengapa Orang Lebih Mudah Gemuk Saat Remaja-Dewasa?

Atur Pola Makan Seimbang Sejak Dini Bisa Cegah Obesitas

Anak susah makan (ilustrasi). Cegah obesitas, anak harus dibiasakan pola makan gizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik.
Foto:

Sandra juga menyampaikan bahwa kampanye pola makan sehat "Isi Piringku" yang digalakkan oleh Kementerian Kesehatan bisa efektif apabila sudah dikenalkan sejak kecil. Itu juga perlu dilakukan secara konsisten, sehingga bisa tumbuh menjadi kebiasaan.

 

"Isi piringku sebenarnya bukan hanya untuk remaja dan dewasa, tetapi harus dikenalkan sejak kecil. Kalau secara gizi, mulai umur empat tahun anak sudah bisa dibiasakan hidup sehat, dan apabila sejak kecil anak melihat orang tuanya sudah berolahraga dan makan sehat, dia pun akan membiasakan seperti itu," katanya.

 

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Sạksono Harbuwono mengemukakan program gizi seimbang bertajuk "Isi Piringku" merupakan bentuk intervensi yang tepat dalam menekan laju pertumbuhan angka obesitas di Indonesia. Ia mengatakan, program "Isi Piringku" memuat kualitas dan komposisi makanan yang dikonsumsi, yang sebelumnya dikenal dengan istilah empat sehat lima sempurna.

 

"Program Isi Piringku yang telah diterapkan di puskesmas merupakan langkah positif dalam mewujudkan gizi seimbang dan pencegahan obesitas," kata Dante.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement