Ahad 30 Jul 2023 21:37 WIB

Luna Maya Latihan dengan Guru Vokal demi Tirukan Suara Tawa Suzanna

Luna Maya latihan suara tawa Suzanna dengan guru vokal.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Poster film Suzanna: Malam Jumat Kliwon.
Foto: Dok: Soraya Intercine Films
Poster film Suzanna: Malam Jumat Kliwon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setelah kesuksesan film Suzanna Bernapas Dalam Kubur, Soraya Intercine Films merilis Suzanna: Malam Jumat Kliwon pada 3 Agustus 2023. Ada cerita menarik dari pemeran utama Luna Maya yang membawakan karakter Suzanna.

Bagi penggemar film-film Suzanna, aktris itu memiliki suara tawa yang khas. Karena itu, Luna Maya berusaha menghadirkan suara tawa tersebut lewat latihan yang intens dengan guru vokal.

“Jujur itu karena ada vocal coach juga. Kita bareng-bareng nonton film Suzanna yang ada ketawanya, jadi kita ulang-ulang terus,” kata Luna dalam jumpa pers di XXI Plaza Senayan, Sabtu (29/7/2023) malam.

Pemeran dan pembawa acara itu mengatakan ketawa dari sosok Suzanna memiliki eskalasi, mulai dari jail, marah, puas, super marah. Dari eskalasi jahil, marah, marah banget itu lama banget take-nya. Sampai napas ngik-ngik baru di-cut,” ujar dia.

Bahkan, dia mengatakan cukup kesulitan selama pengambilan gambar panjang karena eskalasi ketawa tersebut. Luna sendiri mengatakan sering lupa menggunakan suara perut agar lebih nyaman saat menirukan ketawa Suzanna.

“Karena saya bukan penyanyi. Kadang suka lupa harus take dari perut, ini lewat leher. Jadi setelah take, ‘mana jahe panasnya.’ Paling sering bawa tumblr,” kata aktris kelahiran 26 Agustus 1983 itu.

Bahkan, Luna menyimpan file suara ketawa Suzanna di smartphone-nya agar lebih mudah untuk mendengarkan saat butuh. “Karena dengerin terus, kita ada di smartphone dengerin-ikutin dengerin-ikutin,” ujar dia.

Sutradara film Suzanna: Malam Jumat Kliwon, Guntur Soeharjanto menyebut ini adalah karya paling rumitnya. Dia merasa menghidupkan karakter Suzanna adalah tanggung jawab yang sangat berat. “Bagaimana menyampaikan ruh-nya, terus bagimana kita membuat ceritanya supaya relate dengan cerita yang dulu itu tantangan yang berat buat saya,” kata Guntur.

Film Suzanna: Malam Jumat Kliwon dibintangi oleh Luna Maya sebagai Suzzanna, Achmad Megantara sebagai Surya, Tyo Pakusadewo sebagai Raden Aryo, Sally Marcelina sebagai Minati, Taskya Namya sebagai Ratih, Opie Kumis sebagai Rojali, Adi Bing Selamet sebagai Japra, Clift Sangra sebagai Petarung. Film ini menceritakan seorang gadis (Suzzanna) yang harus merelakan hubungannya dengan sang kekasih, Surya, karena harus membayar hutang keluarganya.

Suzzanna akhirnya menikah dengan Raden Aryo. Namun, Suzzanna mengalami hal mistis santet hingga membuatnya melahirkan anak dari punggung. Suzzanna meninggal dunia, kemudian membalas dendam atas apa yang dialaminya itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement