Jumat 28 Jul 2023 15:25 WIB

Agar Rumah Tetap Aman Saat Liburan, Ini 5 Trik dari Mantan Maling

Ada beberapa hal di rumah yang bisa menarik perhatian maling.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar rumah tetap aman dari aksi pencurian ketika ditinggal penghuninya saat liburan.(Ilustrasi)
Foto: pixabay
Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar rumah tetap aman dari aksi pencurian ketika ditinggal penghuninya saat liburan.(Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ketika meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama, tentu kita berharap bisa kembali di rumah dalam kondisi aman.Untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar rumah tetap aman ketika ditinggal saat liburan.

Pakar keamanan dari safe.co.uk sempat berbicara dengan mantan pencuri dan korban pencurian tentang apa yang memikat pencuri ke sebuah rumah dan bagaimana menjaganya tetap aman saat liburan. 

Baca Juga

1. Mencuri di tempat yang sama 

Seorang mantan pencuri menjelaskan bahwa mereka kemungkinan besar akan menyerang tempat yang sama lagi. “Pencuri sering kembali ke rumah yang sama," ujar pencuri tersebut seperti dilansir dari laman Express, Jumat (28/7/2023) 

Menurut pencuri itu, mereka melakukan ini karena beberapa motif. "Dijamin bahwa orang yang mereka rampok mengganti barang yang mereka curi pertama kali, dan seringkali barang pengganti ini memiliki kualitas yang lebih baik daripada aslinya.” 

Direktur pelaksana safe.co.uk, Anthony Neary, menambahkan karena mereka memiliki waktu untuk menilai seluruh properti, mereka mengetahui tata letak rumah dan dapat bersikap klinis dalam pendekatan mereka. "Pastikan bahwa jika Anda telah dirampok, langkah-langkah keamanan tambahan seperti CCTV, alarm, dan kunci sudah terpasang untuk mencegah hal itu terjadi lagi."

 

2. Berkemas

Seorang korban menjelaskan pencuri melihat orang tuanya mengemas barang-barang ke mobil untuk bermain ski. "Ketika kami kembali mereka mengambil semuanya."

Anthony menambahkan saat melakukan perjalanan atau liburan, segera bawa barang bawaan ke mobil atau taksi. "Semakin lama Anda mengemas mobil, semakin besar kemungkinan pencuri melihat bahwa pemilik rumah meninggalkan properti, memberi mereka waktu yang optimal untuk merencanakan pencurian mereka, dan berpotensi memberi tahu pelanggar lainnya juga," ujarnya.

 

3. Hewan peliharaan keluarga 

Seorang saksi pencurian mengatakan rumah semua orang di daerah itu telah dirampok, kecuali rumah mereka. "Bedanya, kami memiliki (anjing) Dachshund dan tanda 'Awas Anjing di pagar',” ujarnya.

Menurut Anthony memiliki seekor anjing bermanfaat karena dua alasan. Pertama, pencuri mungkin cenderung kehilangan target rumah yang akan dicuri jika mereka melihat tanda 'Waspadalah Terhadap Anjing'. Karena anjing besar mengancam keselamatan mereka dan menambah risiko tertangkap yang sangat besar.

"Kedua, anjing menggonggong memberi tahu pemiliknya bahwa seseorang mendekati properti, mereka mendeteksi kebisingan lebih cepat daripada manusia, yang memberikan keuntungan yang jelas," ujarnya.

 

4. Lampu luar

Seorang mantan pencuri mengakui,"Saya selalu melewatkan rumah dengan lampu keamanan luar ruangan yang besar."

Anthony merekomendasikan untuk menyalakan semua lampu eksterior pada malam hari jika memungkinkan. Sebuah rumah dalam kegelapan dapat menarik pencuri karena sepertinya tidak ada orang di properti tersebut, dan mungkin ada asumsi bahwa pemiliknya sedang tidur atau tidak di rumah. “Setiap area gelap atau gelap sangat ideal bagi pencuri untuk mencoba mendekati rumah tanpa terdeteksi, membuat lampu keamanan menjadi penting."

 

5. Bantuan dari tetangga 

Seorang mantan pencuri menggambarkan tanda-tanda yang jelas bahwa sebuah rumah tidak ada penghuninya. "Jangan menumpuk sampah, pencuri yang mengincar rumah Anda akan melihatnya dan tahu bahwa Anda tidak ada di rumah."

Selain itu, Anthony menambahkan pencuri dapat mengetahui apakah sebuah keluarga pergi berlibur atau pergi untuk akhir pekan. Dari kotak surat penuh hingga pengiriman susu yang terlupakan dan tempat sampah yang ditinggalkan, tanda-tanda menunjukkan bahwa rumah itu kosong. 

"Jika Anda akan pergi untuk waktu yang lama, mintalah tetangga atau teman tepercaya untuk menjaga perangkat apa pun yang bisa menarik perhatian pencuri."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement