Sabtu 29 Jul 2023 02:56 WIB

Agar Anak Cerdas Keuangan, Ini Kiat Caca Tengker

Anak bisa dilibatkan dalam perencanaan keuangan untuk pendidikan mereka.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Caca Tengker punya cara sendiri untuk mengajarkan masalah keuangan pada buah hatinya.
Foto: IG Cacatengker
Caca Tengker punya cara sendiri untuk mengajarkan masalah keuangan pada buah hatinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Alsi Mega Marsha Tengker atau akrab disapa Caca Tengker  mengaku sulit untuk memberikan pengertian konsep nilai uang kepada anaknya. Menurutnya hal tersebut merupakan hal yang tidak dapat dipegang atau dilihat secara langsung. Lalu bagaimana cara Caca menanamkan kesadaran anak mengelola keuangan sejak dini?

 1. Berikan contoh

Caca mengatakan cara terbaik adalah orang tua harus bisa memberikan contoh bagi anak-anaknya. "Apabila memang orang tua ingin mengarahkan agar anak tidak boros ketika berbelanja di mall atau ketika lapar mata melihat konten di internet, orang tua harus bisa memberikan contoh dengan tidak belanja secara impulsif," ujar Caca dalam siaran pers, Jumat (28/7/2023).

Baca Juga

 

2. Kenalkan kebiasaan finansial yang baik

Dengan mengenalkan habit finansial kepada anaknya, Caca menegaskan hal ini akan mempengaruhi sifat dan tingkah laku anak-anaknya ketika dewasa kelak. “Saya percaya dengan memberikan pengetahuan dengan benar, kita bisa membantu anak-anak menjadi mengerti bagaimana untuk mendapatkan sesuatu pasti perlu uang dan tidak bisa terus menerus mengikuti kemauannya, jadi anak lebih bisa bijak dalam mengelola uang, mereka juga jadi bisa ngebedain need vs want,” ungkap Caca Tengker.

 

3. Libatkan anak dalam perencanaan keuangan untuk pendidikan

Menurut Caca pada dasarnya anak tidak pernah meminta untuk dilahirkan di dunia. Kita sebagai orang tualah yang memilih untuk memiliki anak. Maka, mempersiapkan masa depan anak adalah kewajiban orang tua, baik secara mental maupun secara finansial untuk memastikan mereka mendapatkan pendidikan yang terbaik di masa depan. 

"Itu adalah hak mereka. Kalau tidak dipikirkan dan dipersiapkan dari sekarang, bisa jadi uangnya terpakai untuk hal lain sama orang tuanya,” kata Caca.

Oleh karena itu, bagi Caca sangat penting melibatkan anak dalam perencanaan keuangan untuk pendidikan mereka jika mereka sudah cukup umur. Caca menjelaskan sebagai orang tua, kita bisa jelaskan seperti apa kebutuhannya kalau mereka ingin sekolah di tempat yang mereka mau. Pastikan orang tua melibatkan anak agar mereka punya andil dan memiliki rasa tanggung jawab atas pilihannya. "Contohnya, kalau saya menyediakan beberapa pilihan sekolah, nanti anaknya sendiri yang akan pilih salah satu sekolah tersebut,” kata dia.

 

4. Ajarkan anak menabung

Susi Yuliendra, Liabilities Banking & Services Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, mengatakan pendidikan finansial sejak dini sangat penting. Oleh karena itu, mengajarkan dasar menabung itu perlu dilakukan sejak dini, dan orang tua hrs bisa memfasilitasi serta memberi contoh ke anak. "Kesadaran finansial anak itu tidak terjadi dengan sendirinya, jadi orang tua juga harus memberikan contoh menabung,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement