Selasa 25 Jul 2023 18:03 WIB

WHO Konfirmasi Kasus MERS, Seperti Apa Gejalanya?

Tingkat kematian akibat MERS-CoV mencapai 35 persen.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan muda batuk (Ilustrasi). Batuk, demam, kesulitan bernapas, diare, dan muntah termasuk gejala MERS.
Foto:

Mewaspadai Gejala

Pada beberapa kasus, orang yang terinfeksi MERS-CoV bisa tidak mengalami gejala atau hanya mengalami gejala pernapasan ringan. Namun, gejala MERS bisa menjadi berat dan berujung pada kematian.

Setidaknya, ada lima gejala yang paling sering ditemukan pada kasus MERS. Kelima gejala tersebut adalah demam, batuk, kesulitan bernapas, diare, dan muntah.

Orang-orang yang mengalami gejala MERS direkomendasikan untuk menghubungi dokter atau layanan kesehatan terdekat. Hal ini perlu dilakukan, terlebih bila pasien baru pulang dari Timur Tengah atau baru berkontak dengan orang yang terinfeksi.

National Health Service (NHS) di Inggris juga mengimbau orang-orang untuk melakukan upaya pencegahan MERS. Salah satu di antaranya adalah mencuci tangan dengan air dan sabun, terutama setelah pulang dari peternakan, lumbung, atau pasar.

Beberapa upaya pencegahan lainnya adalah menghindari kontak dengan unta saat berkunjung ke Timur Tengah, hindari mengonsumsi susu atau produk unta yang mentah, serta hindari mengonsumsi makanan atau minuman apa pun dalam kondisi mentah dan makanan yang mungkin terkontaminasi dengan cairan tubuh hewan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement