Senin 24 Jul 2023 21:55 WIB

Makanan Ini Dipercaya Bisa Atasi GERD pada Ibu Hamil

Ibu hamil dianjurkan untuk makan teratur dan penuhi kebutuhan gizi seimbang.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi ibu hamil. Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eka Hospital Bekasi, dr Finna Hardjono, SpOG mengatakan ibu hamil dianjurkan untuk makan teratur dan penuhi kebutuhan gizi.
Foto:

Selain konsumsi makanan yang perlu diperhatikan, gaya dan pola hidup sehat juga perlu dilakukan, seperti:

 1. Jangan makan berlebihan

Konsumsi makanan yang berlebihan akan memperburuk gejala GERD. Sebaiknya makan beberapa kali dalam satu hari dalam porsi kecil setiap kali makan, ini akan membuat makanan lebih mudah dicerna oleh tubuh. 

2. Seimbangkan kadar nutrisi gizi

Selalu seimbangkan kadar nutrisi gizi yang diperlukan ibu dan janin, jangan berlebihan yang mengakibatkan meningkatnya berat badan, ini akan akan membuat tekanan pada perut yang terlalu besar yang akan memicu munculnya GERD. 

3. Kenakan pakaian longgar

Mengenakan pakaian yang longgar dapat membuat tidak terlalu menekan perut. Pakaian yang ketatnya dapat menimbulkan gejala asam lambung.

4. Kurangi stres

Tingkat stres tinggi dapat semakin memperlambat pencernaan dan membuat pencernaan lebih sensitif terhadap rasa sakit. Dengan demikian makanan akan semakin lama di dalam perut yang memberikan risiko peluang untuk membuat GERD. Selain itu memperbaiki tingkat stres ini agar tidak memberikan pengaruh yang buruk bagi janin yang sedang dikandung. 

GERD memang umum dialami selama masa kehamilan, tetapi tidak boleh dianggap enteng dan harus mendapat perhatian khusus. Segeralah konsultasi dengan dokter jika mengalami GERD yang sudah kronis, guna diberikan pencegahan dan pengobatan yang tepat dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan untuk janin yang dikandungnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement