Senin 24 Jul 2023 21:21 WIB

Tips Tidur Nyenyak Saat Berlibur di Tengah Cuaca Panas

Panas ekstrem juga dapat menimbulkan gangguan tidur.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Kamar hotel (ilustrasi). Tutup jendela di siang hari agar kamar hotel tidak terasa panas saat Anda akan tidur malam.
Foto: www.freepik.com
Kamar hotel (ilustrasi). Tutup jendela di siang hari agar kamar hotel tidak terasa panas saat Anda akan tidur malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian wilayah Eropa saat ini mengalami cuaca panas menyengat, dengan beberapa daerah mengalami suhu lebih dari 40 derajat Celsius. Gelombang panas ini berpotensi berbahaya bagi mereka yang terkena dampak.

Kementerian Luar Negeri Inggris bahkan telah mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem bagi warga Inggris yang bepergian ke Italia, Spanyol, atau Yunani. Panas yang ekstrem tidak hanya membawa risiko dehidrasi dan serangan panas, tetapi juga berdampak pada kenyamanan tidur, sehingga menyebabkan orang sulit untuk tertidur.

Baca Juga

Psikolog dan pakar tidur di peritel tempat tidur mewah And So To Bed, Lindsay Browning, memberikan tips terbaiknya untuk tidur dalam cuaca panas saat berada di luar negeri.

1. Kenakan piama berbahan serat alami

"Pakai pakaian dengan serat alami seperti kapas agar tetap merasa nyaman saat cuaca panas," kata Browning, dikutip dari laman Express, Senin (24/7/2023).

Piama katun bagus dipakai saat cuaca panas karena dapat membantu menghilangkan kelembapan, seperti keringat. Bahan ini juga membantu menurunkan suhu karena uap bebas berpindah melalui serat, menurunkan kelembapan antara kain dan badan, yang memberi rasa sejuk.

2. Biarkan ruangan gelap di siang hari

Teknik ini akan mencegah sinar matahari memanaskan ruangan di siang hari. Matahari menyinari jendela akan menciptakan efek rumah kaca.

"Menjaganya tetap tertutup berarti ketika waktu tidur tiba di sekitar ruangan jauh lebih sejuk daripada sebaliknya," kata dia.

3. Buka jendela semalaman

Umumnya, saat cuaca sangat panas di luar, ada baiknya menutup jendela pada siang hari. Anda tentu tidak ingin udara luar yang panas masuk ke dalam rumah dan membuatnya hangat.

Namun, setelah matahari terbenam, udara luar akan mulai mendingin. Pada titik ini, merupakan ide bagus untuk membuka jendela agar angin sejuk dari luar masuk ke kamar tidur, membantu mendinginkan ruangan dan memberikan sirkulasi udara yang dibutuhkan.

4. Siapkan semprotan air untuk digunakan di malam hari

Browning merekomendasikan untuk membeli semprotan air sebelum berangkat berlibur. "Semprot selimut, kasur, dan bantal dengan air tipis-tipis untuk membantu menjaga kesejukannya," kata dia.

Selain itu, Anda juga dapat menyimpan botol semprot di samping tempat tidur. Gunakan sebagai semprotan penyegar wajah, leher, dan pergelangan tangan di malam yang panas.

5. Mandi air dingin

Ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh sebelum tidur. Suhu tubuh perlu turun ketika hendak tidur.

"Menjulurkan tangan ke pancuran air dingin akan membantu tidur lebih cepat," ujar Browning.

6. Tidur sendiri jika memungkinkan

Jika khawatir tentang tidur terasa panas ketika bersebelahan dengan seseorang, mungkin ada baiknya meminta tempat tidur single. Berbagi tempat tidur saat cuaca panas bisa sangat tidak nyaman.

"Jika belum membuat reservasi hotel, disarankan untuk meminta tempat tidur single daripada double," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement