Senin 24 Jul 2023 21:05 WIB

Penderita Long Covid Alami Penurunan Kemampuan Kognitif

Long Covid tampak pengaruhi kemampuan kognitif hingga dua tahun sejak infeksi awal.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan menutup wajahnya ketika mencoba mengingat sesuatu (Ilustrasi). Kesulitan berkonsentrasi termasuk salah satu gejala brain fog pada pengidap long Covid.
Foto:

Pada putaran kedua pengujian, rata-rata waktu sejak infeksi awal Covid-19 peserta hampir dua tahun. Di sisi lain, orang-orang yang merasa pulih sepenuhnya setelah kena Covid-19 memiliki kinerja yang sama dengan mereka yang belum pernah terkena virus sama sekali.

"Temuan kami menunjukkan bahwa bagi orang-orang yang mengalami long Covid setelah terinfeksi, efek virus corona pada proses mental seperti kemampuan mengingat kata dan bentuk masih dapat dideteksi pada rata-rata hampir dua tahun sejak infeksi awal," kata penulis utama studi, Nathan Cheetham, seperti dikutip dari Siasat Daily, Senin (24/7/2023).

Menurut Cheetham, temuan timnya juga memberikan kabar baik. Sebab, mereka yang tidak mengalami long Covid, tidak terpengaruh dan mendapatkan skor yang memuaskan seperti mereka yang tidak pernah terinfeksi.

Prof Claire Steves selaku profesor anti-aging di King's College London, mengatakan bahwa mereka menggunakan tes sensitif untuk mengukur kecepatan dan akurasi di berbagai tantangan otak. Hasilnya menunjukkan bahwa beberapa individu mengalami perubahan yang terukur dalam tes ini setelah Covid berlangsung selama hampir dua tahun.

"Faktanya tetap bahwa dua tahun setelah infeksi pertama mereka, beberapa orang tidak merasa sepenuhnya pulih dan kehidupannya terus dipengaruhi oleh efek jangka panjang dari virus corona. Kita membutuhkan lebih banyak penelitian untuk memahami mengapa hal ini terjadi dan apa yang dapat dilakukan untuk membantu," kata Prof Steves.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement