Ahad 23 Jul 2023 17:25 WIB

Micro-Cheating Juga Bahaya untuk Hubungan, Seperti Ini Bentuk Perselingkuhannya

Micro-cheating tetap dapat melukai pasangan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Pasangan suami istri (ilustrasi). Seseorang yang pasangannya melakukan micro-cheating bisa merasa diabaikan, ditolak, atau kebutuhan emosionalnya kurang terpenuhi.
Foto: www.rawpixel.com
Pasangan suami istri (ilustrasi). Seseorang yang pasangannya melakukan micro-cheating bisa merasa diabaikan, ditolak, atau kebutuhan emosionalnya kurang terpenuhi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istilah micro-cheating alias selingkuh kecil-kecilan cukup populer belakangan. Tidak seperti perselingkuhan biasa, micro-cheating menggambarkan perilaku yang tidak dianggap sebagai perselingkuhan sungguhan, tapi ada beberapa "kecurangan".

Indikator serong yang dimaksud seperti ketidakjujuran dan menyimpan rahasia dari pasangan. Meskipun hal itu terkesan sepele, micro-cheating tetap dapat melukai pasangan dan berbahaya bagi kelangsungan hubungan.

Baca Juga

Konsultan soal kehidupan dan hubungan, Ekta Dixit, menjelaskan bahwa micro-cheating bisa berawal dari tindakan-tindakan kecil. Sebut saja mengirim teks genit kepada orang lain, menyembunyikan status hubungan, hingga memiliki akun di situs kencan daring.

Bisa juga berbagi nomor dengan orang asing yang dianggap menarik yang ditemui secara acak, bertukar rahasia intim, serta menyembunyikan interaksi atau pertemanan tertentu. Berfantasi tentang orang lain selain pasangan pun termasuk micro-cheating.

"Ini melibatkan perilaku yang mungkin tidak eksplisit secara fisik atau seksual, tetapi masih melibatkan hubungan emosional atau romantis dengan seseorang di luar suatu hubungan," kata Dixit, dikutip dari laman Indian Express, Jumat (7/7/2023).

Meski banyak orang membantah bahwa itu adalah pengkhianatan fisik atau emosional secara langsung, perilaku yang ada tetap dapat melanggar norma, kepercayaan, dan batasan di antara pasangan. Micro-cheating bukan hal baru, namun kini marak seiring perkembangan internet.

Konsultan hubungan Radhika Mohta menyampaikan beberapa pemicu terjadinya micro-cheating. Bisa jadi, seseorang tetap ingin memiliki hubungan monogami dengan satu pasangan, tapi menganggap relasi itu agak monoton atau terlalu rutin.

"Seseorang jadi mencari sedikit pelarian di sana-sini," ujar Mohta.

Micro-cheating tidak selalu mengarah pada perselingkuhan yang melibatkan aspek seksual, namun hal itu dapat mengakibatkan masalah dalam hubungan di kemudian hari. Kepercayaan pasangan bisa terkikis karena persepsi perselingkuhan setiap individu berbeda.

Ketika energi emosional diarahkan ke luar hubungan, hal itu juga dapat mengurangi keinginan untuk merasa dekat dan intim dengan pasangan dalam komitmen. Alhasil, seseorang yang pasangannya melakukan micro-cheating bisa merasa diabaikan, ditolak, atau kebutuhan emosionalnya kurang terpenuhi.

Harga diri korban micro-cheating pun bisa terimbas. Orang yang pasangannya melakukan micro-cheating bisa merasa tidak mampu, dikhianati, meragukan diri sendiri, atau mungkin mempertanyakan nilai dan keinginan mereka, sehingga kesejahteraan mental terdampak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement