Selasa 18 Jul 2023 16:50 WIB

ChatGPT Bisa Dipakai untuk Rencana Pola Makan Diet, Ini Langkah-langkahnya

Seorang pria berhasil turunkan berat badan hingga 11 kilogram dengan ChatGPT.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Bantuan ChatGPT bisa dipakai untuk menurunkan berat badan (Foto: ilustrasi)
Foto: Flickr
Bantuan ChatGPT bisa dipakai untuk menurunkan berat badan (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ChatGPT milik OpenAI, sebuah chatbot kecerdasan buatan (AI) generatif, dapat digunakan untuk membuat rencana perjalanan, menulis tesis, dan bahkan membuat rencana diet yang dipersonalisasi. Dilansir dari India Today, Selasa (18/7/2023), baru-baru ini, seorang pria bernama Greg Mushen mengungkapkan bagaimana dia mengambil bantuan dari ChatGPT untuk membuat rencana dietnya sendiri dan berat badannya turun 11 kg dengan mengikutinya. 

Tetapi untuk mendapatkan rencana yang tepat, penting untuk memberikan perintah yang tepat kepada AI. Jadi, jika Anda juga berencana menurunkan berat badan atau ingin menambah berat badan, Anda dapat mencoba ChatGPT dan membuat rencana diet sendiri sesuai kebutuhan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang bagaimana Anda dapat menggunakan ChatGPT untuk membuat rencana diet yang dipersonalisasi.

Baca Juga

Langkah pertama, tentukan tujuan Anda. Sebelum membuat bagan diet, tentukan dan tulis apa tujuan kesehatan dan kebugaran Anda. Contohnya, apakah Anda ingin menambah berat badan, atau menurunkan berat badan, atau hanya ingin makan sehat dan sebagainya.

Langkah kedua, catat status kesehatan. Selanjutnya, kumpulkan informasi yang relevan tentang status kesehatan Anda saat ini, termasuk tinggi badan, berat badan, komposisi tubuh, tingkat aktivitas harian, dan persyaratan atau batasan diet khusus apa pun. Ini selanjutnya akan membantu Anda memberikan prompt yang benar dan akan memungkinkan AI untuk menyusun rencana yang sesuai.

Misalnya, jika Anda memiliki komplikasi tiroid atau Anda tidak toleran terhadap laktosa, Anda dapat memberikan pesan ini ke ChatGPT untuk membuat rencana makan yang sesuai.

Langkah ketiga, tentukan target kalori Anda. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, jumlah kalori Anda harus lebih rendah dengan tetap mempertahankan nutrisi yang diperlukan. Untuk penambahan berat badan, jumlah kalori harus lebih tinggi, tetapi penting untuk menghindari junk food dan kalori yang tidak sehat.

Anda dapat berkonsultasi dengan kalkulator daring atau mencari panduan dari profesional perawatan kesehatan untuk mendapatkan bantuan dalam perhitungan ini.

Langkah keempat, buat prompt khusus. Setelah mencatat semua informasi, sekarang gabungkan semuanya menjadi prompt komprehensif untuk bekerja dengan ChatGPT.

Misalnya, jika Anda adalah seseorang yang ingin menambah berat badan tetapi sedang berjuang melawan hipertiroidisme (tiroid yang terlalu aktif), dan Anda lebih memilih diet vegetarian dengan makanan India, Anda bisa menggunakan petunjuk seperti ini:

Buat rencana makan vegetarian lima hari untuk penambahan berat badan yang dirancang untuk satu orang dewasa dengan Hipertiroidisme dan berat 52 kg. Rencana makan harus mencakup susu, membutuhkan waktu memasak maksimal 30 menit per makanan, biaya tidak lebih dari 100 Rupee India per hari, dan memberikan total 3.000 kalori per hari.

Dengan menentukan asupan kalori yang diinginkan, kondisi diet, waktu memasak dan anggaran, Anda dapat memastikan bahwa makanan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menentukan makanan dari negara bagian tertentu.

Langkah kelima, periksa kembali. Khususnya, meskipun AI seperti ChatGPT dapat memberikan saran dan informasi yang berharga, penting untuk berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan untuk mendapatkan saran jika Anda memiliki masalah kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement