Rabu 19 Jul 2023 17:03 WIB

Staycation di Hotel Konvensional, Apa Saja yang Harus Diwaspadai?

Anda sebaiknya menanyakan soal sertifikat halal restoran yang menyediakan sarapan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Memilih hotel memang cukup sulit, apalagi jika belum ada sertifikat halal pada restorannya   (ilustrasi)
Foto: istimewa
Memilih hotel memang cukup sulit, apalagi jika belum ada sertifikat halal pada restorannya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menginap di hotel syariah tentunya lebih nyaman untuk konsumen. Hotel sesuai syariah, makanannya halal, pelayanan dan hal lainnya dijalankan sesuai syariat Islam. Namun, ketika kita mendapatkan penginapan atau hotel untuk staycation yang konvensional, apa saja hal yang harus kita waspadai?

Pegiat gaya hidup halal Dian Widayanti mengatakan ketika memilih hotel konvensional untuk menginap, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, ketika mencari hotel, ia menyarankan untuk menghubungi hotel terlebih dahulu, lewat telepon atau bisa juga kontak lewat aplikasi pesan WhatsApp.

Baca Juga

Selain menanyakan ketersediaan kamar, Anda juga sebaiknya menanyakan soal sertifikat halal restoran yang menyediakan sarapan. Jika belum memiliki sertifikat halal, Anda bisa menanyakan soal bahan-bahan yang digunakan, juga mengenai peralatan masak dan peralatan makan.

"Bisa tanya atau minta hubungkan ke bagian restoran untuk bagian sarapan, untuk menanyakan ke koki atau chef, masaknya pakai angciu, arak masak, rum, alkohol, babi, dan lainnya," saran Dian kepada Republika.co.id, Rabu (19/7/2023).

Perempuan yang juga berprofesi sebagai content creator ini mengatakan setelah mendapatkan jawaban dari pihak restoran, perhatikan baik-baik jawabannya, apakah pakai yang haram seperti babi atau tidak. "Kalau jawabannya masih pakai bahan tersebut, peralatan makannya semua sama tidak dibedakan, sebaiknya hindari hotel tersebut. Jangan menginap di hotel itu. Itu yang perlu diperhatikan," tambahnya.

Selain itu, ketika sudah bertanya dan jawabannya sudah aman, itu kembali kepada keyakinan masing-masing. Kalau merasa tidak nyaman, tinggalkan saja. "Jadi kalau saya biasa make sure resto buat breakfast-nya saja," tambahnya. Solusi lain, Anda bisa mencari hotel tanpa sarapan.

Dian mengakui memilih hotel memang cukup sulit, apalagi jika belum ada sertifikat halal pada restorannya. Dian menyayangkan masih banyak hotel konvensional menyediakan menu makanan yang tidak halal. Bisa saja pengunjung mengonsumsi sarapan yang tidak halal.

Dian menambahkan ada juga beberapa hotel bintang lima yang salah satu restorannya sudah mengantongi sertifikat halal. Namun, restoran hotel yang memiliki sertifikat halal ini belum banyak terekspose.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement