Kamis 13 Jul 2023 00:16 WIB

Pergi Berlibur dengan Naik Pesawat, Lakukan Ini Begitu Sampai Hotel

Setelah bepergian dengan pesawat, lakukan hal ini dulu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Penumpang turun dari pesawat (Ilustrasi). Segera mandi setelah menjalani perjalanan udara jarak jauh.
Foto: ANTARA/Kornelis Kaha
Penumpang turun dari pesawat (Ilustrasi). Segera mandi setelah menjalani perjalanan udara jarak jauh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sering kali, hal pertama yang dilakukan wisatawan setelah bepergian dengan pesawat adalah memeriksa kamar hotel, kolam renang, bar, atau lingkungan sekitar. Namun, menurut seorang ahli, ada satu ritual perawatan kulit atau perawatan diri yang harus diprioritaskan pasca penerbangan.

Ahli kimia dan Pendiri SOS Serum Skincare, Bruce Green, menyarankan agar penumpang mandi sesegera mungkin setelah penerbangan. Selain menghilangkan perasaan grogi usai melakukan perjalanan udara, kondisi di pesawat bisa sedikit kotor, dan bahkan berbahaya.

Baca Juga

"Pesawat memiliki mikrobioma sendiri, yang sebagian besar berasal dari kulit manusia karena kita terus-menerus menumpahkannya dan duduk di pesawat selama beberapa waktu," ucap Green, dikutip dari Express, Rabu (12/7/2023).

Meskipun pesawat selalu dibersihkan ketika akan digunakan, penelitian menunjukkan bakteri dan virus dapat hidup di sandaran tangan, sabuk pengaman, penutup jendela, meja nampan, gagang toilet, dan lainnya selama berhari-hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement