Selasa 11 Jul 2023 17:32 WIB

10 Fitur Twitter Ini Belum Ada di Threads

Threads merupakan platform microblogging yang dikembangkan oleh tim dari Instagram.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Foto ilustrasi menunjukkan aplikasi media sosial Threads (kiri) dan Twitter di New York, AS, Rabu (5/7/2023). Meta meluncurkan aplikasi barunya Threads yang berfungsi sebagai pendamping Instagram dan merupakan pesaing langsung Twitter Elon Musk.
Foto: AP Photo/Richard Drew
Foto ilustrasi menunjukkan aplikasi media sosial Threads (kiri) dan Twitter di New York, AS, Rabu (5/7/2023). Meta meluncurkan aplikasi barunya Threads yang berfungsi sebagai pendamping Instagram dan merupakan pesaing langsung Twitter Elon Musk.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA---Media sosial terbaru dari Meta, Threads, digadang akan menjadi pesaing berat Twitter. Meski mengusung konsep yang mirip, ada 10 fitur Twitter yang saat ini belum dimiliki oleh Threads.

Threads merupakan platform microblogging yang dikembangkan oleh tim dari Instagram. Hanya dalam waktu beberapa hari setelah diluncurkan, Threads berhasil mendapatkan lebih dari 100 juta pengguna.

Baca Juga

Tak hanya memiliki kemiripan dari segi user interface, Threads juga menghadirkan banyak fitur yang serupa dengan Twitter. Oleh karena itu, banyak pengguna menjuluki Threads sebagai alternatif dari Twitter.

Namun sebagai platform microblogging yang baru, Threads tampaknya masih cukup tertinggal dibandingkan Twitter. Alasannya, ada 10 fitur unggulan yang dimiliki oleh Twitter namun tak dimiliki Threads. Berikut ini adalah kesepuluh fitur tersebut, seperti dilansir Indian Express pada Selasa (11/7).

1. Tagar

Berbeda dengan Twitter, pengguna Threads tidak dapat menyematkan //hashtag// atau tagar pada unggahan mereka. Akan tetapi, platform media sosial Meta lainnya, seperti Instagram dan Facebook, mendukung penggunaan tagar. Bukan tidak mungkin bila pengguna Threads nantinya juga dapat menggunakan tagar pada unggahan mereka.

 

2. Versi Web

Twitter tak hanya bisa diakses melalui aplikasi tetapi juga berbagai macam browser. Akan tetapi, Threads hanya bisa diakses melalui aplikasi meski platform ini memiliki website resmi, yaitu Threads.net. Pengguna yang mengakses website resmi tersebut akan diarahkan untuk mengunduh aplikasi Threads.

 

3. Sunting Unggahan

Pengguna Twitter Blue memiliki akses untuk mengedit atau menyunting tulisan yang mereka unggah. Untuk saat ini, fitur serupa belum tersedia bagi pengguna Threads. Bila pengguna Threads ingin menyunting sebuah unggahan, mereka dapat menghapus unggahan lama dan membuat unggahan yang baru. Akan tetapi, fitur menyunting unggahan tersedia pada Instagram dan Facebook. Bukan tidak mungkin bila Threads nantinya akan memiliki fitur serupa.

 

4. Berkirim Pesan Pribadi

Para pengguna Twitter bisa saling berkirim pesan secara pribadi melalui direct message. Fitur serupa tak dihadirkan oleh Threads sehingga para pengguna tak bisa terhubung secara lebih personal dengan berkirim pesan pribadi.

 

5. Teks Alternatif

Seperti beberapa media sosial lain, Twitter menyediakan fitur teks alternatif atau ALT Text untuk unggahan gambar atau video. Keberadaan ALT Text berfungsi untuk mendeskripsikan gambar atau video yang diunggah oleh pengguna. Pengguna juga memiliki keleluasaan untuk menyunting atau menyesuaikan ALT Text.

Berbeda dengan Twitter, Threads hanya menghadirkan fitur ALT Text yang dibuat oleh komputer. Hal ini mempersempit akses pengguna yang memiliki keterbatasan dan bergantung pada screen reader.

 

6. Trending Topic

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Twitter adalah fitur trending topic. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengetahui beragam isu terkini yang sedang hangat diperbincangkan.

CEO Instagram mengungkapkan bahwa Threads tidak dibuat untuk "hard news". Oleh karena itu, Threads mungkin tak akan memiliki fitur trending topic, setidaknya dalam waktu dekat.

 

7. Iklan

Tak adanya fitur iklan pada Threads mungkin merupakan kabar baik bagi sebagian pengguna. Mark Zuckerberg mengungkapkan bahwa Threads tak akan memiliki fitur iklan sampai platform ini mendapatkan jumlah pengguna yang signifikan, yaitu sekitar 1 miliar pengguna.

 

8. Menyematkan Unggahan

Pengguna Twitter bisa membuat atau menyematkan informasi tambahan pada unggahan mereka dengan mudah lewat fitur embedded tweet. Akan tetapi, fitur serupa belum tersedia pada Threads.

 

9. Linimasa "Following"

Saat ini, Twitter menyediakan dua macam linimasa yaitu linimasa "For You" dan Following. Linimasa "For You" menampilkan unggahan yang relevan dari beragam akun, termasuk akun yang tak diikuti oleh pengguna. Sedangkan linimasa "Following" hanya menampilkan tweet dari akun yang diikuti pengguna.

Berbeda dengan Twitter, linimasa Threads saat ini memuat unggahan dari berbagai akun, termasuk akun yang tak diikuti pengguna. Tak ada opsi bagi pengguna untuk menyeleksi akun yang bisa muncul di linimasa mereka.

 

10. Linimasa Sesuai Urutan Waktu

Twitter memungkinkan pengguna untuk menyusun cuitan di linimasa mereka berdasarkan kronologi waktu. Akan tetapi, unggahan pada linimasa Threads muncul secara acak. 

 

Jangan lupa untuk follow akun Threads Republika di sini

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement