Rabu 12 Jul 2023 02:09 WIB

Fakta Unik Threads, Cara Mendaftar Hingga Keamanan

Threads merupakan platform terpisah untuk percakapan publik dan pembaruan real-time.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Foto ilustrasi menunjukkan aplikasi media sosial Threads (kiri) dan Twitter di New York, AS, Rabu (5/7/2023). Meta meluncurkan aplikasi barunya Threads yang berfungsi sebagai pendamping Instagram dan merupakan pesaing langsung Twitter Elon Musk.
Foto: AP Photo/Richard Drew
Foto ilustrasi menunjukkan aplikasi media sosial Threads (kiri) dan Twitter di New York, AS, Rabu (5/7/2023). Meta meluncurkan aplikasi barunya Threads yang berfungsi sebagai pendamping Instagram dan merupakan pesaing langsung Twitter Elon Musk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Aplikasi berbasis teks Meta, Threads, telah resmi diumumkan oleh Mark Zuckerberg. Aplikasi ini diatur untuk bersaing dengan Twitter.

Dilansir dari Gadgets Now, aplikasi Instagram Meta menjelaskan Threads sebagai platform terpisah untuk percakapan publik dan pembaruan real-time. Di Threads, seseorang dapat menulis posting teks atau bahkan berbagi foto dan video. Kemudian juga ada like, comment, repost, dan share.

Baca Juga

Threads memiliki banyak kesamaan dengan Twitter. Umpan utama menampilkan kiriman, atau “utas”, dari akun yang Anda ikuti dan rekomendasi dari algoritma Instagram. Anda dapat menambahkan komentar Anda saat mem-posting ulang, dan balasan ditempatkan di feed.

Aplikasi ini tersedia di App Store dan Google Play Store masing-masing untuk iOS dan Android. Anda juga dapat menuju threads.net di web.

 

Selain itu, Threads tersedia di lebih dari 100 negara, termasuk India. Namun, awalnya tidak akan tersedia di Uni Eropa.

Lalu, bagaimana cara mendaftar di Threads? Yang Anda butuhkan hanyalah kredensial Instagram Anda. Saat Anda mengunduh Threads dan membukanya, Instagram handler Anda akan secara otomatis muncul untuk Anda masuk. Anda tidak memerlukan kata sandi jika Anda memiliki Instagram di ponsel dan sudah masuk.

Setelah masuk, Anda akan dapat melihat daftar lengkap orang yang Anda ikuti di Instagram. Anda dapat memilih untuk mengikuti beberapa dari mereka, atau semuanya jika Anda mau. Selain itu, Anda memiliki pilihan untuk mengatur profil Anda menjadi publik atau pribadi.

Seperti namanya, aplikasi ini adalah tentang membuat utas. Jadi, Anda dapat memiliki utas yang penuh dengan posting teks, meskipun hanya hingga 500 karakter. Kemudian, Anda juga dapat memiliki foto dan video di postingan dan balasan.

Fitur feed utama Threads merekomendasikan konten dan postingan dari pengguna yang Anda ikuti seperti Instagram. Tidak seperti Twitter, tidak ada opsi untuk beralih antara aliran konten yang direkomendasikan dan yang hanya mengikuti sekarang.

Saat ini, Threads tidak menampilkan iklan apa pun di dalam aplikasi. Namun, jika aplikasi berkembang di masa mendatang, Meta dapat memutuskan untuk memperkenalkan iklan. Sampai saat itu, tidak akan ada iklan saat menggunakan Threads.

Terkait privasi dan keamanan, kontrol privasi Instagram akan tersedia di Threads. Hal tersebut disediakan oleh Meta.

Ini termasuk opsi untuk memfilter kata-kata tertentu dalam balasan. Selain itu, pengguna dapat memilih siapa yang diizinkan untuk membalas utas mereka. Yaitu, semua orang, hanya pengikut, atau yang disebutkan dalam kiriman.

Di sisi lain, centang biru Instagram akan dibawa ke akun Threads.  Jika Anda sudah berlangganan Meta Verified, maka Anda akan mendapat centang biru di Threads. Namun, seperti Twitter, tidak ada paket verifikasi berbayar untuk membuka kunci fitur tambahan.

Jangan lupa follow akun Threads Republika di sini

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement