Kamis 06 Jul 2023 14:07 WIB

Awas, Antraks Bisa Menular ke Manusia, Kenali Jenis-jenisnya

Biasanya antraks masuk ke tubuh melalui kulit, paru-paru, atau sistem pencernaan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang bocah menderita antraks kulit (ilustrasi). Ada beberapa jenis antraks yang bisa menyerang manusia.
Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Seorang bocah menderita antraks kulit (ilustrasi). Ada beberapa jenis antraks yang bisa menyerang manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit antraks tengah menyerang sejumlah sapi di di Dusun Jati, Candirejo, Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Apakah antraks bisa menyerang manusia? Seperti apa jenis-jenisnya?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), terdapat beberapa jenis antraks yang dapat menyerang manusia. Dilansir dari situs web resmi CDC pada Kamis (6/7/2023), jenis penyakit yang diderita seseorang bergantung pada bagaimana antraks masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga

Biasanya, antraks masuk ke dalam tubuh melalui kulit, paru-paru, atau sistem pencernaan. "Semua jenis antraks pada akhirnya dapat menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan kematian jika tidak diobati dengan antibiotik," ujar CDC.

Berikut berbagai variasi penyakit antraks:

1. Antraks kulit

Antraks kulit adalah bentuk infeksi antraks yang paling umum, dan juga dianggap paling tidak berbahaya. Infeksi biasanya berkembang dari satu hingga tujuh hari setelah paparan.

Ketika spora antraks masuk ke kulit, biasanya melalui luka atau goresan, seseorang dapat mengembangkan antraks kulit. Ini dapat terjadi ketika seseorang menangani hewan yang terinfeksi atau produk hewan yang terkontaminasi seperti wol, kulit, atau rambut.

Anthraks kulit paling sering terjadi di kepala, leher, lengan bawah, dan tangan. Ini memengaruhi kulit dan jaringan di sekitar tempat infeksi. Tanpa pengobatan, hingga 20 persen orang dengan antraks kulit mati. Namun, dengan pengobatan yang tepat, hampir semua pasien antraks kulit dapat bertahan hidup.

2. Antraks inhalasi

Antraks inhalasi dianggap sebagai bentuk antraks yang paling mematikan. Infeksi biasanya berkembang dalam waktu sepekan setelah terpapar, tetapi bisa memakan waktu hingga dua bulan.

Ketika seseorang menghirup spora antraks, mereka dapat mengembangkan antraks inhalasi. Orang yang bekerja di tempat seperti pabrik wol, rumah jagal, dan penyamakan kulit dapat menghirup spora saat bekerja dengan hewan yang terinfeksi atau produk hewan yang terkontaminasi dari hewan yang terinfeksi. Antraks inhalasi dimulai terutama di kelenjar getah bening di dada sebelum menyebar ke seluruh tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan masalah pernapasan parah dan syok.

Tanpa pengobatan, antraks inhalasi hampir selalu berakibat fatal. Namun, dengan pengobatan agresif, sekitar 55 persen pasien bertahan hidup.

3. Antraks gastrointestinal

Anthraks gastrointestinal jarang dilaporkan di Amerika Serikat. Infeksi biasanya berkembang dari satu hingga tujuh hari setelah paparan.

Ketika seseorang makan daging mentah atau setengah matang dari hewan yang terinfeksi antraks, mereka dapat mengembangkan antraks gastrointestinal. Setelah tertelan, spora antraks dapat mempengaruhi saluran pencernaan bagian atas (tenggorokan dan kerongkongan), lambung, dan usus, menyebabkan berbagai macam gejala.

Tanpa pengobatan, lebih dari separuh pasien antraks gastrointestinal meninggal. Namun, dengan pengobatan yang tepat, 60 persen pasien bertahan hidup.

4. Antraks injeksi

Jenis infeksi ini belum pernah dilaporkan di Amerika Serikat. Baru-baru ini, jenis infeksi antraks lain telah diidentifikasi pada pengguna narkoba suntik heroin di Eropa utara.

Gejalanya mungkin mirip dengan antraks kulit, tetapi mungkin ada infeksi jauh di bawah kulit atau di otot tempat obat disuntikkan. Anthraks injeksi dapat menyebar ke seluruh tubuh lebih cepat dan lebih sulit dikenali dan diobati. Banyak bakteri lain yang lebih umum dapat menyebabkan infeksi kulit dan tempat suntikan, sehingga infeksi kulit atau tempat suntikan pada pengguna narkoba tidak selalu berarti orang tersebut menderita antraks.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement