Sabtu 01 Jul 2023 00:30 WIB

Betulkah Simvastatin Bisa Jadi Obat Bekal Makan Kalap Daging Kurban?

Simvastatin biasanya diminum di malam hari.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Obat kolesterol (ilustrasi). Obat simvastatin tidak bekerja cepat untuk menurunkan kolesterol.
Foto:

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Simvastatin perlu diminum sekali sehari di malam hari. Mengapa malam hari?

Ini karena tubuh membuat sebagian besar kolesterolnya di malam hari. Jadi, simvastatin bekerja lebih baik dalam menurunkan kolesterol di malam hari daripada pagi hari.

Simvastatin tidak membuat perut sakit, sehingga orang bisa meminumnya dengan atau tanpa makanan. Telan tablet simvastatin utuh dengan segelas air.

Jangan minum jus grapefruit saat mengonsumsi simvastatin. Hal itu dapat meningkatkan tingkat simvastatin dalam darah.

Biasanya, pengobatan dengan statin, seperti simvastatin, berlaku seumur hidup. Manfaat hanya akan berlanjut selama orang mengonsumsinya. Jika berhenti minum simvastatin tanpa memulai pengobatan lain, kolesterol seseorang bisa saja naik lagi.

Lupa meminumnya?

Jika Anda lupa minum obat, konsumsi segera setelah mengingatnya. Jika tidak ingat sampai keesokan harinya, lewati dosis yang terlewat dan minum dosis berikutnya pada waktu yang biasa.

Jangan pernah mengambil dua dosis pada waktu yang sama. Jangan pernah mengambil dosis ekstra.

Jika sering lupa dosis, atur alarm untuk mengingatkan. Anda juga dapat meminta saran apoteker tentang cara lain untuk membantu mengingat untuk minum obat.

Menghentikan simvastatin

Anda mungkin ingin menghentikan simvastatin jika merasa mengalami efek samping. Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah itu benar-benar efek samping dari simvastatin atau masalah yang tidak terkait. Dokter mungkin menyarankan untuk menurunkan dosis atau mengganti obat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement