Kamis 29 Jun 2023 14:57 WIB

Daging Kambing Berlimpah, Coba Resep Khas Kairo dari Chef Yuda

Daging, terutama kambing, bisa diolah menjadi apa saja,

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Chef Yuda Bustara memberi resep kambing bakar khas Kairo untuk merayakan Idul Adha 2023.
Foto: Tangkapan layar
Chef Yuda Bustara memberi resep kambing bakar khas Kairo untuk merayakan Idul Adha 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ada banyak cara memasak daging kambing. Jika bosan dengan sate atau santan, Anda bisa mencoba resep kambing bakar khas Kairo ala chef Yuda Bustara.

Chef Yuda memastikan daging, terutama kambing, bisa diolah menjadi apa saja, misalnya kambing guling, sate. “Yang santan-santan kadang bosan. Kita bisa masak sesuatu yang gampang, misalnya kambing bakar ala Kairo, makanan Arab, gampang,” kata chef Yuda kepada Republika, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Untuk membuat kambing bakar ala chef Yuda, pertama siapkan bumbu perendam atau marinasi, seperti kecap manis, bawang putih, merica bubuk, garam, ketumbar, jahe yang dihaluskan, air mentega. Menurut dia, proses marinasi ini juga bisa mengurangi aroma menyengat dari daging kambing.

Kedua, bersihkan daging kambing, tusuk-tusuk dengan garpu dan siram dengan marinasi untuk didiamkan selama 30-40 menit di kulkas. Masak kambing di panci presto atau panci ungkep, selama 30 menit atau sampai daging empuk.

Ketiga, setelah matang, angkat dan olesi daging kambing itu dengan sisa bumbu perendam. Oven selama 15 menit dengan suhu 170 sampai 200 derajat Celsius hingga berwarna kecokelatan.

Keempat, Anda bisa menikmatinya. Chef Yuda menyarankan untuk menyajikan daging kambing bakar dengan nasi kebuli, atau nasi putih, atau basmati. Tambahkan sambal kecap, yang terdiri dari irisan halus bawang merah dan cabai rawit, kecap manis secukupnya, dan air jeruk limau.

“Kambingnya bisa diganti daging apa saja, sapi, domba, mudah dan praktis,” ujar chef Yuda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement