Kamis 29 Jun 2023 06:48 WIB

Punya Daging Kurban? Yuk Coba Buat Sate Maranggi

Di Cianjur, sate maranggi disajikan bersamaan dengan sambal oncom dan uli bakar.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dengan cara pengolahan yang tak terlalu rumit, resep sate maranggi cocok untuk dicoba di Hari Raya Idul Adha menggunakan daging kurban.
Foto: Dok. Pri
Dengan cara pengolahan yang tak terlalu rumit, resep sate maranggi cocok untuk dicoba di Hari Raya Idul Adha menggunakan daging kurban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sate maranggi merupakan makanan khas Sunda yang umum ditemukan di Jawa Barat, khususnya di daerah Purwakarta. Dengan cara pengolahan yang tak terlalu rumit, resep sate maranggi cocok untuk dicoba di Hari Raya Idul Adha menggunakan daging kurban.

Sate maranggi umumnya menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya. Sajian ini memiliki perpaduan rasa yang manis dan pedas, dengan sedikit sentuhan aroma ketumbar yang menggugah.

Baca Juga

Di Cianjur, sate maranggi umumnya disajikan bersamaan dengan sambal oncom dan uli bakar. Sedangkan di Purwakarta, sate maranggi kerap disajikan bersama dengan kecap manis dan acar tomat.

Sajian sate maranggi khas Cianjur juga memiliki ciri khas berupa aroma ketumbar yang lebih kuat. Di sisi lain, sate maranggi khas Purwakarta biasanya dibuat dari daging sapi yang dimarinasi dengan beberapa rempah, termasuk kencur.

Meski biasanya dibuat dengan bahan dasar sapi, sate maranggi khas Purwakarta juga bisa dibuat dengan daging kambing. Terlepas dari beberapa perbedaannya, daging untuk membuat sate maranggi khas Cianjur dan Purwakarta sama-sama harus dimarinasi terlebih dahulu.

Quick Asian Recipes mengembangkan resep sate maranggi yang memadukan ciri khas dari sate maranggi Cianjur dan Purwakarta. Berikut ini adalah resep untuk membuat sate maranggi berbahan daging sapi ala Quick Asian Recipes.

Bahan:

454 gram daging sapi, dipotong kecil-kecil

150 gram lemak sapi, dipotong kecil-kecil

12-15 batang tusuk sate, rendam di air dingin selama minimal 15 menit agar tak mudah terbakar

 

Bahan Marinasi:

6 siung bawang merah, dikupas

3 siung bawang putih

1 sdt bubuk kencur

3 cm lengkuas

1,5 cm jahe

1 sdm biji ketumbar

3 sdt gula Jawa

3-4 sdm kecap manis

3 sdm asam jawa

Sejumput garam, sesuai selera

 

Bahan Acar Tomat:

1 buah tomat (boleh dari campuran 1/2 buah tomat hijau dan 1/2 buah tomat merah)

3 siung bawang merah, dikupas

6 cabai rawit

Cuka lahang

Gula tebu dan garam secukupnya

 

Cara Memasak:

1. Sebelum memulai marinasi, daging sapi boleh diempukkan terlebih dahulu dengan cara dimarinasi dengan sari nanas atau dibungkus daun pepaya. Trik ini cocok untuk mengempukkan daging kurban yang mungkin memiliki tekstur alot.

2. Campurkan dan haluskan semua bahan marinasi. Setelah itu, marinasi potongan daging dengan bahan-bahan tersebut. Diamkan daging selama minimal 15 menit di dalam kulkas. Akan lebih baik bila marinasi dilakukan semalaman.

3. Tusukkan daging dan lemak sapi ke tusukan sate.

4. Bakar daging hingga matang sesuai selera.

5. Buat acar tomat, dengan cara memotong tomat, bawang merah, dan cabai dengan ukuran yang kecil atau tipis. Campurkan dengan bahan-bahan acar tomat lain.

6. Sate daging sapi siap disajikan bersama dengan acar tomat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement