Rabu 28 Jun 2023 00:26 WIB

7 Makhluk yang Bertelur di Dalam Tubuh Manusia, Ini Tanda-Tanda Keberadaannya

Makhluk mikroskopis itu dapat menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kulit gatal (ilustrasi). Tungau biasanya tidak terlihat dengan mata telanjang sehingga orang tidak menyadarinya sampai tanda muncul di tubuh.
Foto:

4. Volvulus onchocerca

Parasit Onchocerca volvulus menyebar melalui gigitan lalat hitam. Umumnya, parasit ini ditemukan di dekat aliran dan sungai yang berarus deras.

Begitu berada di dalam tubuh, mereka hidup selama enam hingga 12 bulan di aliran darah dan jaringan subkutan sebelum melepaskan telurnya. Infeksi dapat menyebabkan penyakit mata dan kulit, yang dikenal sebagai onchocerciasis.

Gejala yang ditimbulkan oleh mikrofilaria yang berpindah ke seluruh tubuh antara lain gatal, ruam, nodul yang terangkat, kebutaan. Obat antiparasit, biasanya ivermectin, digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Tungau gatal pada manusia

Sarcoptes scabiei (juga dikenal sebagai tungau gatal manusia) adalah serangga mikroskopis yang hidup di inangnya, yang sayangnya bisa di tubuh manusia. Tungau betina dewasa membuat terowongan ke lapisan atas kulit dan dapat tetap berada di sana tanpa terdeteksi selama berminggu-minggu.

Lebih menjijikkan lagi, Hart mengatakan, tungau sering bertelur. Tungau biasanya tidak terlihat dengan mata telanjang sehingga orang tidak menyadarinya sampai tanda muncul di tubuh.

Ruam atau bintik-bintik merah yang gatal juga bisa berkembang, ini dua tanda umum dari kondisi kulit kudis alias skabies. Gejala yang paling sering dilaporkan meliputi, merah tanda seperti ruam, benjolan kecil yang bisa menjadi keras atau meradang, iritasi, gatal (terutama di malam hari), nyeri di dekat tanda benturan, kulit bengkak atau melepuh.

Meskipun tidak nyaman dan cepat menyebar, kudis biasanya dapat dibersihkan dengan krim atau losion.

6. Human botfly

Dermatobia hominis adalah spesies botfly yang larvanya menyerang manusia sebagai parasit. Berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, mereka merekatkan telurnya ke nyamuk dan serangga penghisap darah lainnya.

Saat nyamuk menggigit korban, telur berwarna krem menetas dan larva masuk ke kulit. Mereka dapat menggali hingga dua inci ke dalam daging manusia sebelum memakan otot.

Jerawat yang menyakitkan dan mengeluarkan nanah kemudian terbentuk, yang dimakan oleh lalat bot bayi selama lima hingga 10 minggu. Perkembangan larva lalat di dalam tubuh dikenal sebagai myiasis.

Gejala umum meliputi, benjolan di bawah permukaan kulit, larva bergerak di bawah kulit, gatal, iritasi kulit, sakit perut, muntah, diare, larva di kotoran. Untuk mengobati myiasis, larva harus dikeluarkan oleh seorang profesional medis kemudian area itu harus dijaga tetap bersih.

7. Tungau wajah

Ribuan tungau kecil hidup di sekitar wajah, bulu mata, bahkan puting hampir setiap orang di Bumi. Mereka menggali ke dalam pori-pori, memakan minyak kulit alami, dan keluar untuk kawin saat Anda sedang tidur.

Serangga ini akan bertelur di dalam pori-pori. Meski terdengar sangat menjijikkan, prosesnya relatif tidak berbahaya.

Dokter kulit Scott Walter mengatakan konsisi ini menjadi masalah ketika ada sejumlah besar serangga di wajah, yang dapat berkontribusi pada kondisi seperti rosacea dan folikulitis demodex.

Menurut Cleveland Clinic, gejala yang paling umum adalah sensasi terbakar, gatal, pustula yang terlihat seperti komedo putih, kemerahan, perasaan kasar pada kulit Anda seperti amplas, sisik mungkin menyerupai eksim, kulit sensitif, kemilau putih pada kulit atau bulu mata, penglihatan menurun, iritasi mata dan gatal, kehilangan bulu mata, kelopak mata menebal atau bersisik.

Perawatan melibatkan pembersihan wajah secara teratur dan menggunakan berbagai obat untuk membunuh tungau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement