Ahad 18 Jun 2023 22:01 WIB

Ica Zahra Rekomendasikan Wisata Ramah Muslim Terbaik di Jepang

Ada banyak destinasi wisata ramah Muslim di Jepang.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Pemandangan kota Kurashiki, Prefektur Okayama, Jepang. Okayama termasuk destinasi wisata yang ramah Muslim.
Foto: EPA/EVERETT KENNEDY BROWN
Pemandangan kota Kurashiki, Prefektur Okayama, Jepang. Okayama termasuk destinasi wisata yang ramah Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai orang yang menyukai segala sesuatu tentang Jepang, penyanyi Ica Zahra sudah lama mengulik-kulik wisata halal di sana. Perempuan yang bernama lengkap Fatimah Zahratunnisa itu menemukan ada daerah lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi selain destinasi populer seperti Tokyo, Osaka, dan Kyoto.

"Aku ada satu rekomendasi, khususnya temen-temen yang Muslim, itu nama daerahnya Okayama. Mereka lagi gencar banget promosi tur Muslim," ujar Ica dalam peluncuran menu baru McD "Taste of Japan" di McD Salemba, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Okayama menyediakan homestay untuk Muslim dengan host keluarga yang juga sudah ditatar terkait aturan apa saja yang dibolehkan dan dilarang dalam Islam. Misalnya, dalam hal masakan, dijelaskan apa saja yang haram dan menu halal diminta untuk dimasak berbeda tempat.

"Lalu disediain sajadah, sampai kompas untuk sholat. Pas aku ke sana, jujur itu aku sangat terbantu, tempat sholat pun banyak, mereka yang arahin," ungkap Ica yang sempat menjadi perbincangan warganet karena piala yang dimenangkannya dari kompetisi bernyanyi di Jepang tertahan di bea cukai pada 2017 lalu, dan ia harus membayar Rp 4 juta untuk menebusnya.

Berwisata ke Okayama, Ica menjelaskan para turis akan mendapatkan suasana kota yang nyaman. Budayanya juga disuguhkan dengan memesona, dan yang terpenting, umat Muslim akan memiliki pengalaman berkesan karena sangat dihargai.

"Jadi aku suka banget di situ. Okayama ini dekat dengan Hiroshima, harus dari Bandara Kansai, Osaka. Pokoknya perfect tour Okayama," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement