Jumat 16 Jun 2023 22:04 WIB

Pergaulan Bisa Bikin Anak Terseret LGBTQ, Ayah dan Ibu Jadi Benteng Terkuat

Peran ayah dan ibu sangat besar dalam mengawal perkembangan anak-anaknya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Simbol LGBT (ilustrasi). Orang tua harus membentengi anak dari pengaruh lingkungan.
Foto: MgRol112
Simbol LGBT (ilustrasi). Orang tua harus membentengi anak dari pengaruh lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penularan sosial ditengarai sebagai salah satu penyebab makin banyak anak muda terjangkit LGBTQ, menurut psikolog Paul Marsden. Lalu, apa yang bisa dilakukan ayah dan ibu?

Langkah terpenting yang dapat dilakukan orang tua adalah membantu anak memilih kelompok teman sebaya yang tepat. Marsden menjelaskan ada pengaruh baik dan buruk di lingkungan.

Baca Juga

Anak-anak akan dipengaruhi oleh orang-orang yang bergaul dengan mereka. Dalam agama manapun juga kerap mengingatkan tentang pergaulan. Sebisa mungkin, orang tua harus mengetahui kelompok teman sebaya anak.

"Sebisa mungkin, orang tua harus memilih dengan siapa anak akan menghabiskan waktu bersama, baik secara daring maupun langsung," kata Joe Carter, penulis buku  The Life and Faith Field Guide for Parents, dalam tulisannya di laman The Gospel Coalition, Jumat (16/6/2023).

Kunci untuk melawan penularan teman sebaya adalah melemahkan pengaruh teman sebaya dengan pengaruh antargenerasi. Di luar orang tua dan guru, kebanyakan remaja dan anak-anak tidak bergaul dengan orang yang lebih tua dari mereka setiap harinya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement