Jumat 16 Jun 2023 06:12 WIB

Gelaran Budaya untuk Pacu Sektor Industri Kreatif Hingga UMKM

Puluhan UMKM ikut terlibat dalam pasar rakyat berkelanjutan.

BCA dipercaya untuk mendukung rangkaian acara Satu dalam Cita yang diselenggarakan pada 23-25 Juni 2023 mendatang.
Foto: BCA
BCA dipercaya untuk mendukung rangkaian acara Satu dalam Cita yang diselenggarakan pada 23-25 Juni 2023 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, akan tampil semarak dalam rangkaian kemeriahan acara “Satu dalam Cita” pada 23-25 Juni 2023. Acara “Satu dalam Cita” ini merupakan kelanjutan dari pertunjukan Epilog Calonarang Sudamala yang telah sukses dilaksanakan tahun 2022 lalu. 

Pementasan ini terinspirasi dari pentas tradisi Bali yang berakar dari sastra “Sundamala: Dari Epilog Calonarang”.

Baca Juga

Dalam acara ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dipercaya untuk mendukung rangkaian acara yang merupakan bentuk komitmen perseroan dalam melestarikan seni dan budaya nusantara. Program kebudayaan sendiri menjadi salah satu fokus Bakti BCA dalam pilar Bakti Sinergi.

Pada perhelatan ini, BCA tidak hanya memberikan kemudahan transaksi dalam mendapatkan tiket, tetapi juga memberdayakan UMKM binaannya untuk ambil bagian dalam pasar rakyat berkelanjutan. Pasar rakyat ini mengambil tema Pasar Kangen, yang akan diisi oleh kekayaan warisan budaya dengan konsep pop up shop.

Sebanyak lebih dari 60 tenant UMKM akan tergabung dalam Pasar Kangen ini, termasuk beberapa mitra Desa Binaan Bakti BCA dan Bangga Lokal BCA, seperti Kampung Batik Gemar Sumilir, Wisata Wayang Desa Wukirsari, Agung Ngoro, Kopi Sirap, dan Sosis Solo Pojok Beteng. Pengunjung dapat menikmati sajian Pasar Kangen di area Pamedan Mangkunegaran.

Secara keseluruhan, rangkaian acara “Satu dalam Cita” terdiri atas pementasan Epilog Calonarang Sudamala yang diproduseri oleh Happy Salma dan Nicholas Saputra, Pasar Kangen, dan Royal Heritage Dinner, hingga kegiatan seni lainnya, seperti Sudamala Tour, lokakarya, hingga pameran koleksi bersejarah hubungan Mangkunegaran dan Bali.

“Kami sangat antusias untuk ambil bagian dalam kolaborasi ‘Satu dalam Cita’. Sebagai perbankan nasional, BCA senantiasa berkomitmen untuk turut berkontribusi memelihara dan merayakan seni dan budaya. Kami menyadari bahwa pelestarian seni dan budaya merupakan faktor penting dalam membentuk kehidupan dan peradaban yang dinamis dan inklusif. Aksi dan kolaborasi budaya ini juga diharapkan dapat menjadi episentrum pergerakan ekonomi kreatif, meningkatkan kesejahteraan para pekerja seni tanah air, dan memacu efek ekonomi menggulung atau multiplier effect sehingga akhirnya berkontribusi bagi pertumbuhan perekonomian nasional,” ujar EVP Corporate Communication Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn dalam siaran pers, Jumat (16/6/2023).

Dalam kolaborasi “Satu dalam Cita” ini, BCA turut memberikan penawaran-penawaran menarik bagi nasabah yang ingin menyaksikan pementasan epik Epilog Calonarang Sudamala dengan promo potongan harga 10%. Promo ini juga diberikan untuk nasabah yang akan menikmati suasana Royal Heritage Dinner yang di Taman Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran. Royal Heritage Dinner, yakni jamuan makan malam kerajaan bernuansa klasik yang telah berusia 266 tahun dengan diiringi pertunjukan kesenian musik dari tari tradisional Mangkunegaran oleh koreografer Eko Supriyanto.

Lebih lanjut, BCA berharap acara ini dapat menjadi magnet baru bagi para wisatawan untuk lebih mengenal dan mengapresiasi kekayaan budaya nusantara yang ada di Bali dan Jawa Tengah. BCA percaya rangkaian Satu dalam Cita dapat menarik wisatawan dan pengunjung ke Jawa Tengah khususnya baik saat acara berlangsung maupun setelahnya. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi dengan menghasilkan peningkatan kunjungan ke bisnis lokal, hotel, restoran, dan perusahaan ritel di Jawa Tengah, khususnya Solo.

''Dengan berinvestasi dalam acara budaya seperti “Satu dalam Cita”, kami tidak hanya dapat memperkaya pengalaman artistik individu dan meningkatkan kesejahteraan para pekerja seni , tetapi juga turut mendukung program Bangga Berwisata di Indonesia dari pemerintah. Pada akhirnya, kami harap dapat memberdayakan ekonomi lokal dengan menarik pengunjung dan merangsang aktivitas bisnis,” kata Hera.

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement