Senin 12 Jun 2023 10:46 WIB

Pasiennya Kena Kutil Kelamin, Dokter Ingatkan Bahaya Seks Pranikah-Seks Anal

Pernah seks anal, seorang wanita dapati kutil kelamin muncul di vagina dan anusnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan dan laki-laki berpegangan tangan (ilustrasi). Dokter mengingatkan agar masyarakat tidak lakukan seks pranikah, jalani pemeriksaan kesehatan sebelum menikah, dan tidak melakukan seks anal.
Foto:

Dokter Amira juga mengingatkan setiap pasangan yang hendak menikah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Ini penting untuk memastikan calon suami atau istri dalam keadaan sehat dan tidak memiliki penyakit menular seksual.

"Saat mau menikah, hati-hati, jangan lupa lakukan pemeriksaan untuk melihat ada tidak penyakit yang mendasari dari pasangan kita yang mungkin bisa berdampak pada masa depan kita. Seperti pemeriksaan HIV, sifilis, sangat amat penting itu," kata dr Amira yang kini bertugas di Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Dokter Amira pun mengungkap bahwa kedua pasiennya juga telah melakukan pemeriksaan beberapa penyakit menular seksual, termasuk HIV dan sifilis. Jika semuanya negatif, ia akan berfokus pada pengobatan kondiloma akuminata saja. Namun, jika terdeteksi penyakit menular seksual lain, akan ada pengobatan lanjutan bagi pasangan tersebut.

"Biasanya kita obati kondiloma dengan terapi laser atau bisa dengan cairan yang diteteskan. Tapi kalau ada penyerta, misal sifilis, tentu kita obati dulu, baik pasangan laki-lakinya juga perempuannya biasanya diberikan injeksi antibiotik," kata dr Amira.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement