Rabu 07 Jun 2023 22:27 WIB

Jutaan Orang Amerika Merana Akibat Asap Kebakaran Hutan Kanada

Asap kebakaran hutan dapat bahayakan kesehatan masyarakat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Bangunan di Manhattan bagian bawah di New York sebagian tertutup asap dari kebakaran hutan Kanada , pada Rabu, (7/6/2023).
Foto:

Menurut situs web American Lung Association, pertahanan alami tubuh mampu mengeluarkan partikel kasar yang lebih besar saat batuk atau bersin. Persoalannya, tubuh tidak mampu mengeluarkan partikel halus atau sangat halus yang lebih kecil.

Beberapa partikel "terperangkap" di paru-paru, sementara beberapa lainnya sangat kecil sehingga dapat masuk ke aliran darah. Terlepas dari ukuran partikelnya, American Lung Association menyatakan partikel apa pun dapat berbahaya bagi kesehatan.

EPA merekomendasikan orang-orang mengurangi aktivitas di luar ruangan, membatasi olahraga di luar ruangan saat berasap, atau memilih aktivitas dengan intensitas rendah untuk mengurangi paparan asap. Saat udara dipenuhi asap kebakaran hutan, Sidhu merekomendasikan agar masyarakat tetap berada di dalam rumah dan menutup jendela.

Sidhu menjelaskan Indeks Kualitas Udara adalah ukuran total yang mencakup PM, ozon, NO2, CO, dan sulfur dioksida. Kadar di atas 100 dapat menyebabkan peningkatan eksaserbasi asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan penyakit pernapasan lainnya di segala usia, terutama anak-anak dan orang tua.

"Menggunakan masker N95 dapat menyaring 95 persen PM 0,3 (ukuran mikron) dan lebih besar," kata Sidhu.

Jika berkendara, sesuaikan kontrol AC agar udara tersirkulasi ulang. Dia juga menyarankan agar orang memastikan filter udara kabin kendaraan mereka berfungsi dengan baik dan menyarankan untuk mempertimbangkan untuk meningkatkan ke filter HEPA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement