Rabu 07 Jun 2023 14:09 WIB

5 Destinasi Seru di Indonesia untuk Liburan Sekolah Bersama Keluarga

Ada banyak destinasi seru di Indonesia yang cocok untuk liburan keluarga.

Dua anak bermain luncuran air kolam renang, (ilustrasi). Ada banyak destinasi seru di Indonesia untuk liburan bersama anak.
Foto: Antara/Basri Marzuki
Dua anak bermain luncuran air kolam renang, (ilustrasi). Ada banyak destinasi seru di Indonesia untuk liburan bersama anak.

REPUBLIKA.CO.ID -- Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, tradisi, dan keindahan alam. Ada banyak destinasi seru di Indonesia yang cocok untuk liburan keluarga, terutama selama liburan semester sekolah. 

Apabila Anda salah satu orang tua dan sedang merencanakan liburan bersama keluarga dan si buah hati, Anda datang ke tempat yang tepat! Dalam artikel ini, akan dibahas pilihan destinasi wisata di Indonesia yang seru untuk liburan sekolah pertengahan tahun. Jangan lupa untuk persiapkan liburan dengan booking tiket pesawat liburan sekolah via Traveloka

Rekomendasi destinasi di Indonesia seru untuk libur sekolah

Berikut ini adalah lima destinasi yang harus Anda kunjungi bersama keluarga:

1. Bali

Bali adalah destinasi pariwisata paling populer di Indonesia. Pulau ini menawarkan pantai-pantai yang indah dan kegiatan air seperti selancar, snorkeling, dan menyelam. Selain itu, Bali juga memiliki banyak tempat wisata budaya seperti Ubud, di mana Anda bisa menikmati keindahan alam di Tegalalang Rice Terrace dan mengeksplorasi tempat-tempat seni dan budaya. Ada juga banyak aktivitas keluarga lainnya, seperti mengunjungi Bali Safari and Marine Park, Waterbom Bali, atau Bali Treetop Adventure Park.

2. Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota yang penuh dengan sejarah, budaya, dan tradisi. Selain mengunjungi Candi Borobudur yang ikonik dan Keraton Yogyakarta, Anda juga bisa mengeksplorasi Taman Sari dan mencicipi makanan khas, seperti gudeg dan bakpia. Ada banyak tempat wisata keluarga yang bisa dikunjungi, seperti De Mata Trick Eye Museum, The Lost World Castle, atau Kids Fun Park.

3. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo adalah tempat yang menarik untuk keluarga yang suka petualangan alam. Selain melihat naga komodo, reptil terbesar di dunia, Anda juga bisa menjelajahi pulau-pulau yang indah dan melakukan aktivitas snorkeling yang mengagumkan. Ada juga banyak tempat wisata di sekitarnya, seperti Pulau Rinca, Pulau Padar, atau Pink Beach.

4. Bandung

Bandung adalah destinasi yang cocok untuk keluarga yang mencari pengalaman belanja, makanan lezat, dan wisata kreatif. Jelajahi pasar tradisional, seperti Pasar Baru, kunjungi kafe-kafe yang unik di Dago Atas, dan nikmati suasana alam di Kawah Putih atau Tangkuban Perahu. Anda juga bisa mengunjungi Farmhouse Lembang dan Floating Market Lembang untuk pengalaman wisata keluarga yang menyenangkan.

5. Malang

Malang adalah tempat yang sempurna untuk liburan keluarga yang menyukai alam. Nikmati keindahan alam Gunung Bromo, jajal wahana seru di Jatim Park 2, atau jelajahi Coban Rondo Waterfall. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencicipi makanan khas Malang, seperti bakso Malang dan apple pie. Ada banyak tempat wisata keluarga, seperti Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular, atau Eco Green Park.

Tips liburan sekolah makin seru dan nyaman

Biar liburan semakin asyik dan nyaman, ada beberapa hal bisa Anda pertimbangkan sebelum melakukan perencanaan untuk liburan. Berikut adalah beberapa tip untuk memperoleh pengalaman liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan:

1. Lakukan perencanaan

Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk merencanakan segala sesuatunya dengan baik. Tentukan destinasi yang ingin Anda kunjungi, lakukan riset tentang tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi, dan susun itinerary yang terperinci. Dengan perencanaan yang matang, Anda bisa memaksimalkan waktu dan anggaran saat berlibur bersama keluarga.

2. Pilih destinasi liburan

Pilih destinasi yang sesuai dengan minat dan usia anggota keluarga. Jika keluarga Anda menyukai kegiatan air, Bali dan Lombok bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika Anda ingin menggali sejarah dan budaya, Yogyakarta bisa menjadi destinasi yang menarik. Jika Anda suka petualangan alam, Taman Nasional Komodo bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Pilih akomodasi yang nyaman 

Pastikan untuk memilih akomodasi yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda. Ada banyak pilihan akomodasi mulai dari hotel, vila, hingga penginapan yang menawarkan suasana yang berbeda-beda. Berbagai pilihan akomodasi untuk liburan bisa dengan mudah Anda temukan di Traveloka. 

Perencanaan liburan dengan Traveloka pastinya dapat memudahkan Anda! Apalagi, kini Traveloka memiliki fitur Easy Reschedule dan Refund. Sehingga, Anda bisa tetap tenang apabila sewaktu-waktu mau ganti jadwal liburan atau bahkan hendak melakukan refund akomodasi yang sudah dipesan. 

4. Sesuaikan aktivitas dengan keluarga

Sesuaikan aktivitas yang akan dilakukan dengan minat dan usia anggota keluarga. Jika Anda berlibur bersama anak-anak, pastikan untuk memilih tempat wisata yang menyenangkan dan aman untuk anak-anak. Selain itu, pastikan juga untuk memilih aktivitas yang sesuai dengan usia mereka.

Sudah tidak perlu khawatir lagi apabila Anda hendak merencanakan liburan seru dan menarik di destinasi-destinasi wisata di Indonesia. Dengan Traveloka, Anda bisa dengan mudah mengganti jadwal liburan sesuai dengan kebutuhan. Jadi, apalagi yang ditunggu? Segera cek Traveloka sekarang juga! 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement