Rabu 07 Jun 2023 10:59 WIB

Bikin Sushi Halal Sendiri, Lihat Resep di Aplikasi Ini

Aplikasi khusus kuliner halal Momasa beri jaminan seluruh bahan yang dipakai halal.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Sushi bisa dibuat sendiri dengan melihat resep di aplikasi khusus kuliner halal Momasa.
Foto: Needpix
Sushi bisa dibuat sendiri dengan melihat resep di aplikasi khusus kuliner halal Momasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sushi sudah menjadi makanan favorit bagi banyak orang, bahkan restoran sushi sudah banyak tersebar. Tetapi ada bahan-bahan di dalamnya yang tidak halal, sehingga akan lebih baik jika membuatnya sendiri di rumah.

Kaum ibu tidak perlu khawatir mencari-cari resep sushi halal, ini bisa dilihat lewat sebuah aplikasi khusus kuliner halal, Momasa. Tidak hanya sushi, makanan lain yang titik kritis kehalalannya masih diragukan, akan terpapar resep halalnya di aplikasi ini.

Baca Juga

“Aplikasi ini berisi resep-resep masakan baik Indonesia maupun mancanegara, dengan jaminan seluruh bahan masakan yang halal,” ungkap Presiden Komisaris Momasa Digital App, Dewa Eka Prayoga, dalam peluncuran Aplikasi Momasa di Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

Momasa muncul dari problematika kaum ibu yang pastinya ingin menyajikan sebuah makanan atau minuman terbaik bagi keluarga, tapi bingung mau masak apa. Selain itu, kaum ibu juga pasti ingin menyuguhkan makanan yang enak, sehat, dan tentunya halal.

 

Pasar Indonesia sangat menitikberatkan pada kehalalan. Kementerian Perindustrian melansir data dari Bank Indonesia menyatakan sektor prioritas Halal Value Chain (HVC) di dalam negeri, yaitu pertanian, makanan dan minuman halal, fesyen muslim dan pariwisata ramah muslim, akan tumbuh sebesar 4,5 hingga 5,3 persen.

Maka sektor industri halal diprediksi akan terus tumbuh pada 2023. Hebatnya, sektor ini diproyeksikan mampu menopang lebih dari 25 persen ekonomi nasional. Diluncurkannya aplikasi khusus kuliner halal ini, diharapkan perlahan-lahan bisa membentuk ekosistem industri halal yang kuat.

Tidak hanya dirancang khusus untuk ibu rumah tangga, namun juga bisa menjadi aplikasi panduan bagi para UMKM kuliner. Mereka bisa menggunakan fitur yang menjelaskan cara terbaik untuk berjualan dengan resep yang sudah ada. “Dalam aplikasi Momasa terdapat fitur cooking class premium, jadi para user bisa bebas mengakses kelas khusus memasak ini dengan harga yang terjangkau,” ujar Dewa.

CEO Momasa Digital App, Yushan Fahruriza, memaparkan salah satu fitur unggulan Momasa adalah Info Halal. “Ini untuk memudahkan para user mengakses informasi kuliner yang halal, baik bahan masakan hingga tempat makan,” kata dia dalam kesempatan yang sama.

Aplikasi Momasa juga sudah diatur dengan 'kata-kata terlarang' atau forbidden words, yakni bahan-bahan makanan yang haram, sudah dipastikan tidak ditemukan dalam aplikasi Momasa. Namun, bagi mereka yang beragama non Muslim, bisa ikut serta jika memang hendak menyajikan menu makanan halal.

Saat ini, Aplikasi Momasa sudah tersedia di Google Play Store. Sekarang, memasak menu halal sendiri di rumah hingga mencari restoran halal, tidak akan sulit lagi dengan menggunakan aplikasi Momasa.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement