Selasa 06 Jun 2023 13:24 WIB

Agar Bisnis Halal Bisa Bersaing, Lakukan Langkah Ini

Produk halal punya keunggulan dengan kualitasnya yang terjamin.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Menawarkan promosi dan diskon merupakan strategi tepat untuk menarik pelanggan baru dan mendorong pelanggan lama untuk membeli lebih banyak.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Menawarkan promosi dan diskon merupakan strategi tepat untuk menarik pelanggan baru dan mendorong pelanggan lama untuk membeli lebih banyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan banyaknya kompetitor di sektor bisnis umum di seluruh dunia, membuat bisnis halal yang sedang dirintis bisa bersaing dengan sehat mungkin terasa menantang. Namun, dengan usaha dan kreativitas, itu bukanlah hal yang mustahil.

Produk halal punya keunggulan dengan kualitasnya yang terjamin, sehingga tidak menutup kemungkinan akan menarik konsumen dari berbagai agama dan latar belakang. Permintaan kebutuhan produk halal pun kian meningkat, sehingga memudahkan produsen.

Baca Juga

Namun, tetap perlu ada perbaikan taktik pemasaran dan penawaran unik yang berbeda dari pesaing. Berikut strategi untuk menjangkau target pembeli dan menarik lebih banyak pelanggan baru, dikutip dari laman Halal Times, Selasa (6/6/2023).

 

Buat situs web

Situs web adalah alat yang ampuh untuk terhubung dengan pelanggan di seluruh dunia. Membuat atau menyempurnakan situs web profesional untuk bisnis halal yang dirintis memudahkan pembeli mengetahui produk dan layanan yang ditawarkan.

Pelanggan dapat berinteraksi dengan penjual melalui obrolan daring, email, dan integrasi media. Penjual juga bisa membagikan informasi terkait nilai dan manfaat produk halal secara komprehensif lewat kanal menjawab pertanyaan konsumen di situs web.

 

Manfaatkan media sosial

Media sosial amat efektif untuk menciptakan kesadaran tentang bisnis halal. Tidak ada salahnya tampil di semua platform media sosial utama, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Seringlah berinteraksi dengan pengikut dan rutin membagikan konten tentang produk dan layanan.

 

Menghadiri acara bisnis halal

Aktif hadir di pertemuan atau pameran produk halal dapat membantu terhubung dengan pemilik bisnis lain, pakar industri, dan pelanggan potensial. Acara serupa memberikan peluang bagus untuk memamerkan produk, berjejaring dengan profesional lain, memantau tren pasar halal, dan mengadopsi praktik bisnis terbaik.

 

Berkolaborasi

Bermitra dengan pelaku bisnis halal lainnya atau situs media yang fokus pada bisnis halal dapat membantu memperluas jangkauan dan menarik pelanggan baru. Pertimbangkan berkolaborasi dengan bisnis pelengkap agar kemitraan yang terjadi bermanfaat untuk kedua belah pihak.

 

Penawaran promosi dan diskon

Menawarkan promosi dan diskon merupakan strategi tepat untuk menarik pelanggan baru dan mendorong pelanggan lama untuk membeli lebih banyak. Misalnya, penawaran khusus selama Ramadan atau hari raya Islam lainnya dengan diskon bagi pelanggan yang mereferensikan teman dan keluarganya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement