Selasa 06 Jun 2023 20:50 WIB

Kekurangan Vitamin D Kerap Melanda Anak dengan Tuberkulosis

Bakteri TB biasanya menyerang paru, namun dapat pula memengaruhi bagian tubuh lain.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Anak sakit (ilustrasi). Kekurangan vitamin D lebih sering terjadi pada anak-anak dengan tuberkulosis (TB).
Foto: www.pixabay.com
Anak sakit (ilustrasi). Kekurangan vitamin D lebih sering terjadi pada anak-anak dengan tuberkulosis (TB).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kekurangan vitamin D lebih sering terjadi pada anak-anak dengan tuberkulosis (TB) daripada yang tidak terinfeksi oleh penyakit bakteri tersebut. Hal ini merujuk pada sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien yang dirawat di rumah sakit di Telangana, India.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cureus ini juga menemukan bahwa bentuk kekurangan vitamin D yang parah, kurang dari 10 nanogram per mililiter (ng/mL), lebih tinggi pada anak-anak dengan TB. Tim peneliti, termasuk dari Osmania Medical College (OMC) dan Government Medical College di Telangana, melakukan studi di pusat perawatan tersier di Rumah Sakit Niloufer selama satu tahun lima bulan.

Baca Juga

Sebanyak 70 anak dengan TB berusia antara enam bulan dan 12 tahun diikutsertakan dalam penelitian ini. Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan usia 1-4 tahun, 5-8 tahun, dan 9-12 tahun.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement