Selasa 06 Jun 2023 17:47 WIB

Noel Gallagher Kecam Lagu Oasis Versi Remix Artificial Intelligence

Noel Gallagher tanggapi Breezer yang nge-remix lagu-lagu Oasis dengan bantuan AI.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Mantan pentolan band Oasis, Noel Gallagher, menilai remix AI lagu-lagu Oasis tidak ada gunanya.
Foto: EPA
Mantan pentolan band Oasis, Noel Gallagher, menilai remix AI lagu-lagu Oasis tidak ada gunanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Noel Gallagher mengecam kreasi lagu-lagu Oasis versi artificial intelligence (AI). Gitaris Oasis itu menyebut remix tersebut "tidak berguna".

Noel yang terkenal sebagai pelantun "Easy Now" itu telah mendengarkan The Lost Tapes Volume I, sebuah rekaman delapan lagu yang menampilkan kreasi dari grup Breezer menggunakan vokal yang dihasilkan komputer agar terdengar seperti Liam Gallagher, adik Noel sekaligus mantan personel Oasis. Menurut Noel, proyek semacam itu tidak memiliki jiwa.

Baca Juga

"Seseorang mengirimi saya lagu-lagu AI Oasis itu, ya, itu disebut AI-sis. Dan saya berpikir, 'Apa gunanya ini?' Ini sama tidak bergunanya dengan orang-orang yang membuatnya," ujar Noel, seperti dilansir AceShowbiz, Selasa (6/6/2023).

"Kemudian orang-orang menunjukkan kepada saya Ringo Starr menyanyikan 'She's Electric' dan Freddie Mercury menyanyikan 'Don't Look Back In Anger'. Jika itu cara Anda menghabiskan istirahat makan siang, baguslah. Tapi tidak ada jiwa untuk itu, tidak ada penghayatan," ujar gitaris berusia 56 tahun itu.

Noel juga khawatir perusahaan rekaman pada akhirnya akan mengganti tim penulis lagu dengan bot AI untuk menulis lirik lagu pop mereka.

"Saya telah melihat hal itu di mana lirik ditulis oleh AI. Dan itu jauh lebih buruk daripada milik saya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement