Selasa 06 Jun 2023 01:37 WIB

Siri akan Tampil Beda di WWDC 2023?

Apple disebut akan menghadirkan perubahan signifikan pada Siri.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Apple WWDC 2023 akan diadakan pada 5-9 Juni 2023 di Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat.
Foto: Reuters/Michael Dalder
Apple WWDC 2023 akan diadakan pada 5-9 Juni 2023 di Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sebelum Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 dimulai pada Senin (5/6/2023), rumor yang muncul terkait dengan Siri. “Semua orang bertanya tentang Siri, AI, dan WWDC pada hari Senin,” kata Mark Gurman, seorang penulis dari Bloomberg yang kerap melaporkan tentang aktivitas Apple,'' cuit Gurman melalui akun Twitternya, @markgurman, dilansir dari Tom’s Guide, Senin (5/6/2023).  “Satu item yang sudah lama tidak saya sebutkan telah menjadi proyek besar untuk menghilangkan ‘Hey’ dari ‘Hey Siri’. Aku akan mencari kemungkinan itu pekan depan.”

Dengan mengubah cara panggil Siri, hal ini akan membawa asisten virtual Apple sejalan dengan asisten Amazon Alexa pada speaker pintar Echo-nya. Meskipun kedengarannya seperti perubahan kecil, banyak hal yang terjadi di balik layar—sedemikian rupa sehingga Gurman awalnya percaya itu bisa menjadi sesuatu untuk tahun 2024 daripada tahun ini.

Baca Juga

“Meskipun itu mungkin tampak seperti perubahan kecil, membuat peralihan adalah tantangan teknis yang membutuhkan banyak pelatihan AI dan pekerjaan teknik yang mendasarinya,” tulisnya saat itu.

Mengapa? Karena wake word atau kata yang digunakan untuk mengaktivitasi peranti suara itu akan lebih sulit ketika ada aksen dan dialek yang berbeda.

Apple WWDC 2023 akan diadakan pada 5-9 Juni 2023 di Apple Park, Cupertino, California. Acara akan dimulai dengan keynote program yang akan diadakan pada Senin (5/6/2023) pukul 10.00 waktu setempat. Dilansir dari Mint, presentasi utama yang terdiri dari perjalanan Apple dan peluncuran baru perusahaan akan menandai dimulainya acara tersebut.

Edisi kali ini akan sangat spesial bagi pelanggan setia Apple karena tidak hanya menampilkan perangkat keras baru tetapi juga meluncurkan perangkat lunak baru. Perusahaan akan mendemonstrasikan fitur dan kemampuan iOS 17, watchOS 10, dan macOS 14 kepada dunia.

Apa yang membuat acara ini lebih spesial bagi orang-orang adalah peluncuran headset mixed reality AR/VR yang telah lama ditunggu-tunggu dan peluncuran MacBook Air 15 inci. Acara akan sepenuhnya daring, kecuali beberapa pengembang dan siswa diundang ke Apple Park.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement