Sabtu 03 Jun 2023 14:17 WIB

Diet Buah-buahan, Sehat atau tidak?

Buah mengandung gula alami berupa fruktosa dan banyak vitamin serta antioksidan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Diet buah adalah salah satu diet paling ketat. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Diet buah adalah salah satu diet paling ketat. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sering kali orang ingin tahu dan mencoba berbagai pola makan nabati, vegan, vegetarian atau diet keto maupun tinggi protein. Tetapi terkadang, beberapa orang juga penasaran tentang diet fruitarian atau pola makan yang biasanya hanya mengonsumsi buah-buahan.

Tetapi menurut ahli diet terdaftar Kate Patton, MEd, RD, CSSD, LD, diet buah adalah salah satu diet paling ketat. Hal yang terpenting, diet ini sering tidak direkomendasikan atau didukung. “Diet buah memiliki risiko kekurangan gizi yang besar,” jelas Patton, seperti dikutip dari laman Clevelandclinic, Sabtu (3/6/2023).

Baca Juga

Diet fruitarian biasanya tidak direkomendasikan oleh ahli karena itu bukan bagian dari rencana makan seimbang. Orang-orang kemungkinan besar ingin makan makanan alami yang utuh dari bumi, jadi mereka beralih secara khusus ke buah-buahan. Tetapi karena faktor pembatasan dan kekurangan gizi, popularitas diet ini (untungnya) menurun selama bertahun-tahun.

Bisakah diet buah menjadi sehat atau membantu menurunkan berat badan?

 

Buah sendiri mengandung gula alami berupa fruktosa dan banyak vitamin serta antioksidan, termasuk vitamin C dan beta-karoten. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan buah-buahan dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis lainnya.

Jadi secara umum, makan buah dalam jumlah sedang itu sehat bagi tubuh dan sering disarankan untuk meningkatkan asupan buah utuh, bukan jus buah, saat ingin mengubah pola makan dan makan lebih sehat. Buah merupakan tambahan yang bagus untuk makanan sebagai pemanis alami dan merupakan makanan ringan yang baik untuk menggantikan keripik atau kue.

Meski demikian, buah hanya boleh dikonsumsi sebagai pola makan seimbang, yakni menjaga asupan tidak lebih dari 25 persen hingga 30 persen dari sumber makanan lain untuk menghindari ketidakseimbangan nutrisi.

Pendekatan diet yang lebih baik untuk menjadi seorang fruitarian adalah diet Mediterania atau diet pescatarian (yang merupakan diet vegetarian yang mencakup ikan). Keduanya memasukan bahan dasar buah dan sayuran yang kuat, bersama dengan makanan nabati lainnya seperti kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, minyak nabati, dan biji-bijian. Kedua diet membatasi produk susu dan gula.

Bagaimana dengan efek penurunan berat badan pada diet buah? “Anda mungkin menurunkan berat badan dengan diet buah, tetapi saya tidak menganggap ini sebagai manfaat yang sebenarnya, karena kemungkinan besar Anda akan kehilangan otot,” kata Patton.

Sebaliknya, ahli diet selalu menyarankan untuk memilih gaya makan atau diet yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang.

Diet berbasis buah bisa sangat ketat dan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Sebut saja penambahan berat badan, diabetes, kekurangan nutrisi, obsesi makanan, mode kelaparan hingga mengganggu metabolisme. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai diet apa pun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement