Selasa 30 May 2023 14:44 WIB

Long Weekend, Siapkan 5 Hal Ini Agar Liburan Lebih Seru

Dalam menyiapkan dana liburan, ada beberapa pos anggaran yang sebaiknya dipenuhi.

Persiapkan liburan akhir pekan yang panjang dengan matang agar liburan lebih nyaman dan sesuai keinginan/ilustrasi
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Persiapkan liburan akhir pekan yang panjang dengan matang agar liburan lebih nyaman dan sesuai keinginan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hari Raya Waisak 4 Juni 2023 mendatang merupakan hari besar yang dirayakan oleh umat Buddha sekaligus libur nasional yang dinikmati oleh banyak masyarakat Indonesia sebagai akhir pekan yang panjang karena ada cuti bersama.

Untuk merayakan kegembiraan akhir pekan yang panjang, Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya membagikan lima tip yang perlu diperhatikan masyarakat apabila ingin memanfaatkan momentum libur nasional dengan berwisata, berikut di antaranya:

Baca Juga

1. Rencanakan perjalanan dan anggaran dengan matang

Hitung dan tentukan bujet yang realistis. Dalam menyiapkan dana liburan, ada beberapa pos anggaran yang sebaiknya dipenuhi, mulai dari biaya transportasi, biaya penginapan, biaya konsumsi, biaya tempat wisata, seperti tiket masuk ke tempat wisata, biaya untuk beli suvenir, atau biaya untuk hal yang tidak terduga.

2. Jangan lupa bayar tagihan sebelum pergi liburan

“Ketika ada banyak tagihan, kita kadang lupa mana tagihan yang sudah dibayar dan yang belum. Implikasinya bahkan bisa kena denda ketika akhirnya lupa bayar tagihan tertentu. Manfaatkan lah fitur Kelola Tagihan di Tokopedia sebelum bepergian saat libur nasional agar pikiran lebih nyaman saat perjalanan liburan,” kata Ekhel.

3. Hindari membawa terlalu banyak barang, utamakan bawa payung atau jas hujan

“Hindari membawa terlalu banyak barang saat berwisata. Siapkan payung atau jas hujan untuk mengantisipasi hujan. Selain itu, pilih busana dengan bahan yang ringan serta tidak mudah kusut,” kata Ekhel.

Ekhel menambahkan, barang bawaan bisa disimpan di wadah yang ringan, seperti ransel, travel pouch, dan tas belanja lipat untuk melindungi barang agar tidak terjatuh ataupun hilang. 

4. Gunakan busana yang sopan dan pakai jaket atau outer pada malam hari

Jika berkunjung ke kawasan candi merupakan tempat ibadah, pengunjung harus memperhatikan pakaian yang dikenakan. Hindari menggunakan celana pendek dan pakaian tanpa lengan. Selain itu, bawalah jaket atau outer karena udara pada malam hari bisa lebih dingin.

5. Jagalah kebersihan di tempat wisata

Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Siapkan kantong sampah sendiri untuk menghindari membuang sampah sembarangan saat tidak menemukan tempat sampah di lokasi. 

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement