Selasa 23 May 2023 17:15 WIB

5 Langkah Melindungi Kulit di Tengah Cuaca Panas

Paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan kulit terbakar.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Gunakan tabir surya untuk mencegah kulit terbakar akibat sinar matahari yang menyengat/ilustrasi
Foto: dailymail
Gunakan tabir surya untuk mencegah kulit terbakar akibat sinar matahari yang menyengat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca panas yang masih melanda membuat hari-hari terasa gerah dan tubuh jadi kurang nyaman. Selain rasa tidak nyaman, kondisi tersebut juga berpotensi memberikan dampak buruk pada kulit, akibat paparan sinar UV dari matahari yang berlebihan.

Dampaknya termasuk gejala penuaan dini, seperti munculnya bintik hitam, warna kulit yang tidak merata, serta elastisitas kulit yang berkurang. Paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama pun dapat mengakibatkan kulit terbakar atau sunburn.

Baca Juga

Brand communication director Oriflame Indonesia, Patricia Patty, mengatakan kelangsungan dan frekuensi terjadinya cuaca ekstrem tidak selalu bisa diprediksi. Karenanya, seriap orang perlu memperhatikan kesehatan kulit dan menangkal dampak buruk sinar UV.

"Perlu amunisi tambahan untuk menjaga kesehatan kulit," ujar Patricia lewat pernyataan resminya. Berikut sejumlah tips dari Oriflame yang bisa diterapkan untuk menghindari efek negatif dari sinar UV terhadap kulit di tengah cuaca ekstrem.

 

 

1. Kurangi aktivitas luar ruang di siang hari

Hindari sinar matahari langsung dari pukul 11 hingga dua siang, mengingat indeks sinar UV sedang tinggi-tingginya. Meskipun kondisi langit tampak berawan dan matahari tidak menyengat, sinar UV tetap dapat menerobosnya dan membuat kulit terpapar.

 

2. Gunakan tabir surya di dalam dan luar ruangan

Paparan harian terhadap agresor eksternal seperti sinar UV dan polusi sangat berkontribusi terhadap kerusakan kulit yang menjadikan kulit kusam, dehidrasi, dan munculnya tanda penuaan dini. Sinar UV juga bisa masuk ke dalam ruangan lewat jendela dan celah-celah, sehingga disarankan memakai tabir surya baik di dalam maupun di luar ruangan.

 

3. Pilih kandungan SPF yang memadai

SPF atau sun protection factor merujuk pada kemampuan untuk melindungi kulit. Angka SPF yang terkandung beragam produk tabir surya di pasaran beragam, mulai dari SPF 15, SPF 30, hingga SPF 50. Untuk pemakaian sehari-hari, SPF 50 lebih memadai untuk perlindungan yang optimal.

 

4. Pastikan kulit ternutrisi

Untuk perlindungan tambahan dan perawatan di saat cuaca panas, perlu perhatian ekstra terhadap kulit agar tetap sehat dan terhidrasi. Jangan lupa untuk menggunakan rangkaian produk perawatan kulit yang sesuai di pagi dan malam hari untuk mempercepat regenerasi kulit.

 

5. Pilih rangkaian produk perawatan kulit yang sesuai

Sangat penting memilih rangkaian perawatan kulit yang tepat di tengah cuaca yang kurang bersahabat, baik itu pelembap, tabir surya, atau produk lainnya. Pilih produk yang memiliki bahan dasar alami dan sudah teruji klinis ampuh menutrisi kulit, juga bersertifikasi halal.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement