Sabtu 20 May 2023 14:26 WIB

Dokter Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini Kanker Secara Berkala

Penanganan kanker sejak dini tingkatkan kemungkinan sembuh pasien

Deteksi dini kanker (ilustrasi). Penanganan kanker sejak dini akan meningkatkan kemungkinan kesembuhan pasien
Foto: Istimewa
Deteksi dini kanker (ilustrasi). Penanganan kanker sejak dini akan meningkatkan kemungkinan kesembuhan pasien

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) Dr dr Cosphiadi Irawan Sp.PD, KHOM mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya kesadaran untuk melakukan deteksi dini kanker secara berkala.

"Sangat penting untuk melakukan deteksi dini kanker karena jika ditemukan sejak stadium awal maka penanganan bisa dilakukan lebih optimal," kata dia dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (20/5/2023).

Dia menambahkan penanganan kanker sejak dini akan meningkatkan kemungkinan kesembuhan pasien."Karena itu, pahami dan kenali irama dan kebiasaan tubuh, jika ditemukan gejala yang tidak lazim dan tidak respons pada terapi biasa, maka sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan dan konsultasi lebih lanjut," katanya.

Dia juga mengatakan bahwa masyarakat perlu menerapkan perilaku hidup sehat untuk mencegah penyakit kanker, di antaranya dengan rutin berolah raga, mengonsumsi makanan sehat, termasuk sayur dan buah, mencegah faktor risiko, seperti diabetes, serta tidak merokok.

"Pola hidup sehat menjadi salah satu upaya penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit kanker," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement