Rabu 17 May 2023 14:55 WIB

Naik Transjakarta Diklaim Lebih Terjamin

Waktu tempuh menaiki transportasi umum lebih terjamin daripada kendaraan pribadi.

Penumpang menunggu bus transjakarta di Terminal Blok M, Jakarta. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menegaskan waktu tempuh menaiki transportasi umum lebih terjamin daripada mengendarai kendaraan pribadi pada jam sibuk khususnya bagi warga Ibu Kota.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang menunggu bus transjakarta di Terminal Blok M, Jakarta. PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menegaskan waktu tempuh menaiki transportasi umum lebih terjamin daripada mengendarai kendaraan pribadi pada jam sibuk khususnya bagi warga Ibu Kota.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menegaskan, waktu tempuh menaiki transportasi umum lebih terjamin daripada mengendarai kendaraan pribadi pada jam sibuk, khususnya bagi warga Ibu Kota.

"Kita responsif terhadap kebutuhan masyarakat Jakarta yang sangat menghargai waktu dan salah satu yang kita berikan, yakni ketepatan waktu," kata Direktur Utama PT Transjakarta Welfizon Yusa saat ditemui di Jakarta Selatan, Rabu.

Baca Juga

Dengan adanya jaminan waktu tempuh ini, pihaknya bisa turut berkontribusi dalam pengendalian kemacetan dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas transportasi umum.

Terlebih, pada Kamis ini, pihaknya mengajak para awak media untuk memastikan waktu tempuh dari Halte Ragunan ke Kuningan Timur menghabiskan waktu 35 menit pada jam sibuk 06.00 hingga 09.00 WIB.

"Waktu 35 menit ini akan memberikan kepastian kepada pelanggan Transjakarta serta warga bisa beralih menggunakan transportasi publik," katanya.

Selain Ragunan-Kuningan Timur, dia menambahkan, saat ini Transjakarta juga sudah mencoba efisiensi waktu yang sama untuk rute Grogol-Semanggi dan Pluit-Kota.

Transjakarta akan menambah tujuh rute lainnya secara bertahap sehingga setiap wilayah di DKI Jakarta bisa menuju pusat kota dengan adanya jaminan efisiensi waktu sama dalam perjalanan.

Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta Daud Joseph menambahkan, rute Ragunan ke Kuningan sering kali terjadi macet pada jam sibuk.

Terlebih, dia menilai jika menggunakan kendaraan pribadi butuh 55 menit hingga sejam jika dibandingkan dengan waktu tempuh naik Transjakarta yang saat ini sekitar 30 menit.

"Kami memastikan dari Halte Ragunan ke Kuningan Timur memakan waktu 35 menit dan jarak delapan kilometer dengan kecepatan maksimal 50 kilometer per jam," ujar Daud.

Transjakarta telah bekerja sama dengan kepolisian dan Satpol PP dalam penegakan hukum kepada pelanggar pengendara melintas jalur busway agar hak warga yang sudah beralih ke angkutan pribadi ke umum tetap terjaga.

Berdasarkan pengalaman di lokasi, Antara berangkat dari Halte Ragunan mulai pukul 07.01 WIB kemudian sesampainya di Halte Kuningan Timur pukul 07.30 WIB. Sehingga dipastikan waktu tempuh sekitar 29 menit dalam jarak delapan kilometer.

Sejumlah halte Transjakarta yang dilewati dari Ragunan ke Kuningan Timur, yakni Kementerian Pertanian, SMKN 47, Jatipadang, Pejaten, Buncit Indah, Warung Jati, Imigrasi Jakarta Selatan, Duren Tiga, hingga Mampang Prapatan.

Jam sibuk di halte Transjakarta tercatat pada pukul 06.00 hingga 09.00 WIB dan 16.00 hingga 20.00 WIB. Adapun jumlah armada yang dikerahkan mengikuti kebutuhan di lapangan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement