Rabu 10 May 2023 21:34 WIB

Masa Transisi Endemi, Mengapa Jadi Waktu yang Patut Diwaspadai?

WHO belum mencabut status pandemi Covid-19.

Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Dokter RSPI mengingatkan seluruh pihak untuk tidak euforia berlebihan karena masa yang tampak terkendali ini sebenarnya menjadi masa penentu berhasilnya Indonesia bisa memasuki masa endemi dengan aman tanpa adanya kenaikan kasus positif ataupun kematian.
Foto:

Dengan pemberian kebebasan seperti sebelum adanya pandemi, masyarakat dikhawatirkan meninggalkan protokol kesehatan. Guna mencegah hal tersebut terjadi, Faisal mendesak pemerintah untuk membuat regulasi yang segera disosialisasikan kepada masyarakat dalam menyikapi pencabutan status kedaruratan ataupun masa transisi ini.

"Mudah-mudahan akan ada regulasi untuk menyikapi situasi ini, karena kebijakan menyesuaikan kondisi di Indonesia," ujar Faisal.

Mengenai status kedaruratan kesehatan masyarakat terkait Covid-19 di Indonesia, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan keputusan tersebut berada di tangan Presiden Joko Widodo. Menkes Budi menyatakan dirinya masih mencari waktu untuk berdialog bersama Presiden,tentang rencana mencabut status kedaruratan kesehatan terkait Covid-19 di Indonesia.

"Itu nanti Presiden Joko Widodo yang memutuskan, sesudah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Nanti kami cari waktunya," kata Budi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement