Rabu 10 May 2023 17:51 WIB

Dokter RSPI: Jangan Salah Artikan Pernyataan WHO, Pandemi Covid-19 Masih Terjadi

Covid-19 masih tetap ada meskipun status kedaruratan kesehatan global telah dicabut.

Jumlah kasus Covid-19 sudah lebih terkendali. WHO mencabut status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (Public Health Emergency International of Concern/PHEIC) dari Covid-19.
Foto:

Kapan Pandemi Usai?

Pada Selasa (9/5/2023), Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril mengatakan akhir status pandemi Covid-19 di Indonesia belum dapat dipastikan. Kepastiannya belum dapat ditentukan meski status kedaruratan kesehatan global telah dicabut oleh WHO.

"Kapan pandemi selesai? Tidak ada batasan jelas terkait selesainya pandemi. WHO pun tidak bisa menjawab itu, sehingga sulit memperkirakan dan menentukannya," katanya.

photo
Varian arcturus - (Dok Republika)

Syahril mengatakan yang dicabut oleh WHO pada 5 Mei 2023 adalah Public Health Emergency of International Concern (PHEIC). Kedaruratan kesehatan masyarakat global tidak lagi diterapkan karena pandemi Covid-19 global secara umum telah terkendali, namun angka kasus akan tetap berfluktuasi.

"Yang penting sekarang, kita sudah lalui masa terberat pandemi dengan melihat indikator angka kasus, kematian, perawatan, dan positivity rate," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement