Senin 08 May 2023 22:33 WIB

Masuk Asrama atau Ngekost, Ini 8 Kiat Hidup Mandiri Buat Mahasiswa Baru

Mahasiswa baru perlu beradaptasi dengan kehidupan asrama maupun indekos.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Salah satu kamar di asrama mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM), Kota Blitar, Jawa Timur. Selain dapat menghemat biaya, tinggal di asrama kampus pada tahun pertama perkuliahan bisa membantu mahasiswa baru untuk menjalani transisi kemandirian secara bertahap.
Foto:

Fleksibel Menata Kamar

Menata kamar di asrama dan indekos atau rumah kontrakan bisa cukup menantang bagi mahasiswa. Saat menata kamar atau rumah, mereka perlu lebih fleksibel.

Sebagai contoh, peralatan memasak mungkin awalnya diletakkan di satu sisi ruangan. Namun, bila beberapa pekan berikutnya, tata letak tersebut terasa kurang sesuai, mereka bisa melakukan perubahan sesuai dengan keinginan. Pastikan untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan teman sekamar atau teman sekontrakan sebelum melakukan perubahan.

Beri Ruang

Tinggal bersama dengan teman bukan berarti harus berbincang sepanjang waktu. Meski tidur di satu kamar yang sama, ada kalanya diri sendiri atau teman sekamar membutuhkan waktu untuk sendiri. Oleh karena itu, pastikan setiap orang yang tinggal di satu rumah atau kamar yang sama tetap memiliki ruang atau areanya sendiri.

Komunikasi Terbuka

Saat hidup bersama orang lain, komunikasi yang baik menjadi hal yang penting. Mahasiswa yang baru belajar hidup dengan orang lain sebaiknya berlatih cara berkomunikasi terbuka. Hal ini perlu diperhatikan karena sering kali konflik muncul karena komunikasi yang terganggu.

Beberapa cara untuk melatih komunikasi yang terbuka adalah menciptakan kebiasaan untuk memberi tahu orang lain mengenai hal yang disukai atau tak disukai, belajar mendengarkan, dan fokus pada masalah bukan pada orangnya. Hal lain yang perlu dilakukan adalah belajar untuk tetap bersikap rendah hati.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement