Senin 08 May 2023 05:05 WIB

Jalan Kaki Setelah Makan Baik untuk Kesehatan, Perlu Berapa Menit?

Ada banyak manfaat kesehatan dari aktivitas berjalan setelah makan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Makan siang (Ilustrasi). Ada banyak manfaat kesehatan dari aktivitas berjalan setelah makan.
Foto:

4. Mengurangi stres

Manfaat jalan kaki usai makan untuk kesehatan mental hampir sama dengan efek aktivitas fisik lain. Studi oleh University of Mississippi telah menemukan bahwa jalan cepat dan meditasi selama 10 menit meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat stres.

5. Meningkatkan mood

Menikmati alam bebas dan menghirup udara segar saat berjalan dapat menghasilkan endorfin, hormon rasa nyaman. Aktivitas itu memberi energi pada pikiran, tubuh, dan jiwa.

"Selain itu, berjalan juga melepaskan serotonin, yang memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan perasaan positif," kata Bord.

Untuk durasinya, berjalan-jalan setelah makan cukup dilakukan selama 15 menit. Waktu yang singkat akan lebih memotivasi daripada berjalan dengan durasi lebih lama.

Setiap kali merasa perlu menjernihkan pikiran, cukup dengan melakukan aktivitas berjalan setelah makan. Meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri juga dapat membantu membingkai ulang pikiran, mengisi ulang "baterai" tubuh, serta tidur malam jadi lebih nyenyak.

Perlu diingat, bukan berarti harus langsung bangkit dan berjalan setelah selesai makan. Dianjurkan untuk menunggu sekitar 15 hingga 60 menit setelah makan, baru kemudian berjalan ringan. Hal lain yang dilarang adalah berbaring setelah makan karena makanan dicerna lebih lambat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement