Jumat 05 May 2023 19:00 WIB

Bingung Tentukan Destinasi Liburan Sesuai Bujet, Traveler Ini Minta Bantuan ChatGPT

Tiktoker Madison Rolley meminta bantuan ChatGPT untuk menyiapkan liburan di Eropa.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
ChatGPT (ilustrasi). Seorang traveler menggunakan ChatGPT untuk membuat rencana liburan sesuai bujet.
Foto: www.freepik.com
ChatGPT (ilustrasi). Seorang traveler menggunakan ChatGPT untuk membuat rencana liburan sesuai bujet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ChatGPT, chatbot generatif AI, menjadi tren sebagai alat yang berguna untuk banyak hal dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa pengguna telah menggunakannya untuk membantu merencanakan perjalanan sesuai budget yang dimiliki.

Tiktoker Madison Rolley yang sering mengunggah konten tentang perjalanan hemat, membagikan video pada 12 April 2023. Di video itu dia menjelaskan bagaimana cara memanfaatkan ChatGPT untuk memetakan perjalanannya ke Eropa.

Baca Juga

Video itu menjadi viral dan ditonton lebih dari 250 ribu penonton tertarik dengan cara menggunakan bot untuk saran perjalanan. Rolley yang berbasis di Nashville menggunakan ChatGPT dengan tujuan khusus menjaga petualangan Eropa selama dua pekan dengan bujet di bawah 1.000 dolar AS.

“Biasanya ini akan menjadi proses yang sangat, sangat, sangat panjang menggunakan banyak perangkat lunak, alat, dan aplikasi yang berbeda. ChatGPT mempercepatnya dengan sangat cepat,” kata Rolley dalam videonya itu.

 

Dia ingin mengunjungi empat hingga enam kota di seluruh Eropa. Rolley tahu dia akan bepergian masuk dan keluar dari Stockholm, Swedia, jadi rencananya harus berpusat pada akomodasi itu sebagai permulaan.

Dia mengatakan kepada ChatGPT, "Tolong buat rencana perjalanan selama dua pekan di Eropa di mana kami akan terbang dan berangkat dari Stockholm. Saya ingin mengunjungi empat hingga enam kota di seluruh Eropa".

"Harap sertakan sarana perjalanan, perkiraan biaya perjalanan, perkiraan waktu perjalanan antarlokasi, perkiraan biaya menginap per malam di setiap lokasi, biaya rata-rata per makan di setiap tempat. Harap sertakan juga tiga objek wisata yang harus kita periksa di setiap tempat dan biaya yang terkait".

Setelah mengajukan permintaan lengkapnya itu ke ChatGPT, Rolley mengatakan dalam videonya bahwa itu "menghasilkan emas". ChatGPT memilih empat kota yakni Amsterdam, Paris, Barcelona, dan Kopenhagen, dan menguraikan detail untuk masing-masing kota.

Spesifik yang ditanggapi ChatGPT termasuk berapa banyak waktu yang harus dia habiskan di setiap kota; perkiraan biaya, sarana dan waktu perjalanan; perkiraan biaya menginapnya per malam; biaya rata-rata per makanan; dan rekreasi utama yang harus dikunjungi.

Bot AI itu juga memberi Rolley opsi akomodasi hemat tanpa diminta. Pengguna bisa mendapatkan lebih detail akomodasi perjalanan, dengan meminta ChatGPT untuk menyarankan hotel dan maskapai penerbangan tertentu. Dia terobsesi pada ChatGPT untuk segalanya, terutama sebagai seseorang yang bekerja di bidang pemasaran. “Ini mungkin hack perjalanan anggaran favorit baru saya sepanjang masa,” kata dia.

Dalam video lebih lanjut, Rolley berbagi bahwa dia sangat bersemangat tentang hal ini sebagai seorang traveler hemat. “Biasanya, mengurasi rencana perjalanan semacam ini membutuhkan waktu berjam-jam, dan ChatGPT hanya mengeluarkannya dalam beberapa menit,” ujarnya.

Dilansir laman Fox News, Kamis (4/5/2023), Wakil Presiden Media Research Center yang berlokasi di Reston, Virginia, Amerika Serikat, Dan Schneider, mengatakan bahwa dia tidak melihat kerugian menggunakan ChatGPT instan untuk tujuan ini. “Ini seperti Wikipedia. Dalam beberapa hal, ini adalah pencarian tingkat kedua,” kata Schneider. 

ChatGPT bisa menjadi alat hebat untuk memahami kerangka dasar untuk pemandangan dan suara kota, namun ini juga bisa tidak sempurna. ChatGPT terkadang dapat memberikan informasi yang salah.

Untuk benar-benar mendapatkan saran yang tidak biasa dan pendapat jujur tentang suatu tempat, lebih baik meminta rekomendasi orang yang pernah mendatangi tujuan destinasi dan melakukan riset sendiri. Jangan takut untuk berbicara dengan seseorang pada saat kedatangan. Sering kali penduduk setempat memiliki rekomendasi terbaik.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement