Kamis 04 May 2023 10:32 WIB

Personel Kahitna Terdiam dan Menangis Kenang Carlo Saba di Konser Yovie Widianto

Vokalis Kahitna Carlo Saba meninggal dunia pada dua pekan lalu, Rabu (19/4/2023).

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kahitna memeriahkan Billion Songs Yovie Widianto Confest di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (3/5/2023).
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Kahitna memeriahkan Billion Songs Yovie Widianto Confest di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (3/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Grup musik Kahitna menjadi salah satu bintang tamu di konser dari pianis dan musikus Yovie Widianto bertajuk "Billion Songs Yovie Widianto Confest" di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (3/5/2023) malam. Dalam kesempatan itu, Kahitna mengenang kebersamaan mereka dan rasa kehilangan atas meninggalnya salah satu vokalisnya, Carlo Saba.

Awalnya, Kahitna menghibur para penonton dengan lagu "Cerita Cinta". Mereka mendapat sambutan sangat meriah dari penonton yang ikut mendendangkan lagu itu.

Baca Juga

Yovie kemudian mengenang sekilas perjalanan Kahitna. Dia mengatakan banyak orang yang terisnpirasi dengan solidnya persahabatan para personel Kahitna.

Yovie juga mengenang kisah Hedi Yunus bergabung bersama Kahitna. "Sebelum ada Hedi, orang yang pertama kali melihat Hedi ini suaranya bagus adalah Carlo. Meminta mengajak nge-band," kata Yovie, Rabu (4/5/2023).

 

Hedi kemudian bercerita pertama kali bertemu Kahitna pada Maret 1987. Saat itu, dia sebagai murid vokal Elfa Music Studio bernyanyi diiringi oleh Kahitna.

"Saya baru tahu kalau Carlo memberikan suggest ke Yovie untuk mengajak saya gabung," ujar Hedi.

Yovie melanjutkan bahwa Kahitna pernah berjalan-jalan keliling Indonesia, lanjut ke Paris (Prancis), London (Inggris), Budapest (Hungaria), Boston (Amerika Serikat), hingga Australia dengan banyak cerita lucu bersama Carlo. Karena itu, dia mengatakan Kahitna merasa ada yang hilang atas kepergian Carlo.

"Kalau ada yang bilang Kahitna bisa bertahan karena lagu-lagu saya, enggak sama sekali, karena yang menghiasi adalah suara dan pemusik Kahitna. Biasanya bersembilan, tiba-tiba jadi delapan orang seperti ini, tapi …," kata Yovie.

Tiba-tiba, layar besar di kanan dan kiri panggung memutar video dan suara Carlo yang membuat Yovie menghentikan kata-kata. Seketika suasana menjadi sendu. Hedi dan Mario tak kuasa menahan air mata, sambil menonton video Carlo.

"Banyak sekali kenangan sama Mas Carlo. Kita nggak akan lagi sama, tapi kami akan menjadi band yang lebih kuat, kompak, keren lagi," ujar Mario.

Mario berjanji Kahitna akan menghasilkan karya yang lebih baik lagi untuk penggemar dan Carlo. Mario mengatakan ada beberapa lagu yang memang mengingatkan Kahitna terhadap sosok Carlo. Kemudian, Mario melantunkan bagian Carlo dari cuplikan lagu "Untukku" dan "Aku, Dirimu, Dirinya".

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement