Ahad 30 Apr 2023 14:00 WIB

Mulai Cemas Pikirkan Keberhasilan Anak di UTBK-SNBT? Ini yang Harus Dilakukan Ayah-Ibu

Kecemasan orang tua dapat mengimbas kesiapan mental anak hadapi UTBK-SNBT.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah peserta menunggu waktu pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta, Selasa (17/5/2022). UTBK-SNBT 2023 akan berlangsung pada periode 8-14 Mei, disusul gelombang kedua pada 22-28 Mei 2023.
Foto:

Menjaga kesehatan fisik dan mental sebelum tes tentunya sangat penting supaya siswa tidak "tumbang", seperti tertidur saat menjalani ujian maupun datang terlambat. Selain persiapan menjelang ujian, ada sejumlah hal yang perlu dicermati saat hari-H pelaksanaan UTBK.

Pada hari-H, Didin menyarankan siswa berangkat lebih awal. Apabila panitia mengharuskan siswa hadir di lokasi satu jam sebelum jam resmi dimulainya ujian, siswa lebih baik tiba di lokasi 1,5 jam menjelang pelaksanaan tes.

"Lebih baik menenangkan diri di lokasi daripada berangkat dengan waktu terlalu mepet, karena siswa pasti panik. Kalau secara finansial tak ada kendala, siswa juga lebih disarankan mencari penginapan sekitar lokasi ujian," ungkap Didin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement