Jumat 28 Apr 2023 16:35 WIB

Tips Usir Lemak Saat Tidur, Cocok untuk yang Mau Kurangi Berat Badan

Menurut ahli diet, ada cara efektif membakar lemak tubuh secara alami saat tidur.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita sedang tidur (ilustrasi). Saat tidur, ternyata tubuh bisa membakar lemak.
Foto: www.freepik.com
Seorang wanita sedang tidur (ilustrasi). Saat tidur, ternyata tubuh bisa membakar lemak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi yang sedang berjuang melawan lemak tubuh yang membandel, ada strategi baru untuk mengusirnya yaitu dengan tidur. Ahli diet terdaftar di Balance One Supplements, Trista Best, mengatakan ada cara efektif untuk membakar lemak tubuh secara alami saat sedang tidur.

Kiat-kiat ini mudah diterapkan, tapi perlu cara tertentu untuk mengoptimalkan prosesnya sebagai berikut, dikutip dari laman Eat This Not That, Jumat (28/4/2023):

Baca Juga

1. Puasa intermiten

Puasa intermiten atau tidak makan selama beberapa waktu bisa mendukung pembakaran lemak tubuh saat tidur. Best menyarankan makan malam beberapa jam sebelum tidur dan tidak makan apa-apa lagi hingga sarapan keesokan harinya.

Lebih baik lagi jika tidak makan sampai jam makan siang. Menurut Best, cara itu dapat membantu tubuh membakar lemak, alih-alih glukosa untuk energi di malam hari. Hal itu juga telah diulas para pakar dalam tulisan ilmiah yang diterbitkan di jurnal Nutrients pada 2021.

2. Buat suhu kamar tetap sejuk

Menurut National Institutes of Health, tidur di ruangan yang sejuk dapat meningkatkan metabolisme dan mengaktifkan lemak cokelat, yang membakar kalori untuk menghasilkan panas. Tidur di ruangan yang sejuk pun dapat meningkatkan kualitas tidur.

"Saat tidur di lingkungan yang sejuk, tubuh bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu inti, yang dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar," ujar Best. Sebaliknya, ruangan yang gerah bisa membuat kualitas tidur menjadi buruk, yang dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon pemicu penambahan berat badan.

3. Latihan kekuatan pada malam hari

Latihan kekuatan seperti squat, plank, lunges, push up, sit up, dan angkat beban di malam hari dapat meningkatkan metabolisme. Artinya, kegiatan itu dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori, bahkan saat tidur (alias saat tubuh sedang dalam mode istirahat).

Menurut Best, latihan kekuatan dapat meningkatkan massa otot, yang mengarah pada peningkatan laju metabolisme tubuh dan menghasilkan pembakaran kalori yang lebih besar. "Selain itu, dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan yang berperan dalam menghilangkan lemak dan pertumbuhan otot," kata Best.

4. Mandi air dingin

Menurut Cleveland Clinic, mandi air dingin telah terbukti merangsang lemak cokelat. Mandi dengan air dingin juga dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi peradangan. "Tidur malam jadi lebih nyenyak dan mendukung penurunan berat badan yang sehat," kata Best.

5. Hindari ngemil sebelum tidur

Penelitian menunjukkan, makan tepat sebelum tidur dapat menyebabkan tubuh menyimpan kelebihan kalori sebagai lemak, bukan membakarnya untuk energi. Oleh karena itu, hindari makan apa pun, termasuk camilan, setidaknya dua hingga tiga jam sebelum tidur. "Itu dapat membantu tubuh mencerna makanan lebih efisien dan mencegah kelebihan kalori disimpan sebagai lemak," kata Best.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement